Tips dan Trik Membeli Properti dengan Cara Menabung

Posted on

Budaya konsumtif dan shopaholic alias gila belanja agaknya mulai mendarah daging di tengah masyarakat indonesia saat ini, terutama bagi mereka yang hidup di kota – kota besar dengan gaya hidup tinggi. Sebagaimana pepatah bijak yang mengatakan bahwa sebanyak apapun penghasilan anda, tak akan terasa cukup jika digunakan untuk memenuhi gaya hidup.

Padahal, budaya konsumerisme semacam itu bisa menyeret anda dalam lembah kemiskinan atau setidak – tidaknya membuat tujuan – tujuan finansial anda menjadi terganggu. Misalnya saja seperti biaya pendidikan anak, investasi pada bisnis properti ataupun tabungan hari tua yang tentunya akan sulit tercapai tanpa adanya kesadaran guna menata keuangan sejak kini.

Nah, jika anda telah terjebak dalam kebiasaan konsumeris seperti di atas, anda tak perlu berkecil hati. Sebab anda masih bisa merubah kebiasaan tersebut secara bertahap. Para ahli sering menyebutnya sebagai metode terapi bagi mereka yang menderita gejala syndrome Shopaholic agar bisa kembali sembuh dan kembali pada pola konsumsi sewajarnya sesuai kebutuhan. Anda pun bisa menerapkan metode terapi tersebut mulai dari langkah sederhana, yakni dengan menghidupkan kembali semangat MENABUNG. Ya, menabung bisa menolong anda untuk terhindar dari kebiasaan konsumerisme dan bahkan bisa membantu anda dalam mencapai tujuan finansial dalam hidup anda seperti biaya pendidikan anak ataupun biaya hari tua.

Untuk menghidupkan kembali semangat menabung tersebut, anda membutuhkan semacam “pancingan” atau stimulus berupa tujuan yang hendak dicapai dalam menabung. Salah satu tujuan menabung yang sangat mampu meningkatkan antusiasme kita dalam menyisihkan kelebihan penghasilan yakni melalui tujuan berinvestasi pada bisnis properti.

Dimana bisnis properti sendiri memang merupakan alternatif terbaik dalam berinvestasi karena mampu memberikan imbal hasil investasi yang sangat menguntungkan. Oleh karenanya, menjadikan bisnis properti sebagai tujuan yang dikejar dalam menabung adalah pilihan yang tepat tak hanya untuk mengatasi kebiasaan buruk menghambur – hamburkan  uang tapi juga sebagai investasi guna mencapai tujuan finansial anda di masa yang akan datang.

Jika bukan anda yang memikirkan masa depan anda dan keuarga, lalu siapa lagi? Sehingga keputusan ada di tangan anda. Apakah anda ingin terus berbelanja dan berbelanja yang kemudian hasilnya hanya berakhir di tempat sampah setelah beberapa saat anda nikmati, ataukah anda ingin menabungkannya guna berinvestasi pada bisnis properti yang bisa anda tuai hasil manisnya bagi anda dan keluarga.

Menabung untuk membeli properti sebagai bentuk investasi sendiri bisa anda lakukan dengan mudah. Langkah pertama yang perlu anda jalankan yakni menentukan terlebih dahulu properti yang hendak anda beli. Untuk langkah awal, anda bisa membidik properti yang murah meriah terlebih dahulu. Misalnya sepetak tanah ataupun rumah kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai rumah kos – kosan dengan harga yang relatif murah yakni dibawah 200jutaan rupiah.

Jika sudah punya tujuan bisnis properti apa yang ingin anda miliki sebagai aset investasi, maka langkah kedua yakni menentukan nilai uang yang mampu anda tabungkan secara rutin dengan mengasumsikan penghasilan bulanan yang mampu anda sisihkan. Nah, jika anda memiliki penghasilan 5-6 juta per bulan dan asumsi kebutuhan per bulan anda yakni tak lebih dari 2 juta rupiah, maka sebenarnya anda bisa menabung 3 – 4 juta per bulan. Itu jika anda mampu menahan diri dari godaan membeli barang – barang yang sebenarnya tak terlalu anda butuhkan.

Langkah ketiga yang perlu dilakukan  adalah menentukan strategi menabung yang anda inginkan sesuai kondisi anda saat ini. Mengingat berinvestasi pada bisnis properti membutuhkan dana yang sedikit lebih besar, maka bagi sebagian orang hal ini justru membuat semangat menabung menjadi menurun. Sebab mereka beranggapan bahwa sangat tidak realistis untuk bisa menabung dalam jumlah besar, sedangkan jika mereka menabung dalam jangka waktu yang lama maka dikhawatirkan semangat menabungnya akan semakin menurun.

Alhasil, belum sampai mulai menabung pun mereka sudah kehilangan minat dan semangatnya. Padahal hal ini bisa disiasati melalui strategi menabung dan berinvestasi agar anda bisa membeli properti idaman secara realistis tanpa perlu memaksakan diri. Salah satu strategi jitu bagi anda yang masih baru belajar menabung guna memulai bisnis properti adalah dengan mengampil aplikasi kredit atau KPR yang ditawarkan hampir semua bank di Indonesia melalui prosedur yang cukup mudah untuk anda lakukan.

Dimana anda hanya perlu mengisi dan mengumpulkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan serta membayar uang Down Payment atau DP sebanyak 20% – 25% kepada pihak bank sebagai jaminan. Dengan demikian, menabung menjadi terlihat realistis, mengingat anda hanya perlu menabung untuk membayar DP saja. Lalu, kebiasaan menabung yang sudah anda bangun tersebut bisa dialihkan dalam bentuk lain yakni membayar cicilan kredit atau KPR per bulan yang sebenarnya juga punya prinsip sama seperti ketika menabung. Hanya saja anda sudah bisa menikmati hasilnya meskipun sebenarnya tabungan anda belum mencukupi nilainya.

Kemudian langkah keempat, anda perlu menentukan lama menabung hingga mampu membeli properti yang anda inginkan. Misalnya anda ingin membeli sebuah rumah seharga 200juta rupiah melalui sistem kredit atau KPR dimana anda membutuhkan DP (Down Payment) senilai 20% – 25%, maka anda perlu menabung 3-4 juta per bulan selama satu tahun atau kurang lebih selama 12 bulan terlebih dahulu hingga terkumpul dana sebanyak 40 juta rupiah guna membayar DP yang diperlukan.

Barulah kemudian anda bisa mengambil aplikasi KPR kepada pihak bank dengan kesepakatan cicilan per bulan yang sebanding dengan nominal tabungan rutin per bulan anda sebelumnya yakni tak lebih dari 3jutaan per bulan. Maka sekitar 5 tahunan anda sudah bisa melunasi dan memiliki seutuhnya properti impian anda.

Lalu langkah yang terakhir yakni langkah keempat, tentu saja anda harus memulai komitment menabung untuk membeli aset properti tersebut sejak bulan ini, jika perlu anda bisa mulai melakukannya sejak hari ini juga. Anda harus meyakinkan pada diri anda, bahwa langkah revolusoner yang anda ambil ini tak lain adalah demi masa depan anda da keluarga. Dari pada menghambur – hamburkan uang untuk hal  – hal tak bermanfaat yang hanya memenuhi keinginan sesaat, maka lebih baik menabungnya guna memulai bisnis properti serta berinvestasi yang bisa anda panen hasilnya ketika anda menikmati hari tua.

Yuk mulai kebiasaan baik dengan rutin menabung dan berinvestasi pada bisnis properti yang tak perlu diragukan lagi keuntungannya.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.