Tips Diet Alami Untuk Mengatasi Perut Buncit - Artikel Kesehatan
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Tips Diet Alami Untuk Mengatasi Perut Buncit

Tips Diet Alami Untuk Mengatasi Perut Buncit

perut-buncit

Perut buncit tentunya tidak hanya mempengaruhi penampilan seseorang. Akan tetapi juga rentan terhadap munculnya gangguan kesehatan. Timbunan lemak pada bagian perut yang menyebabkan perut terlihat buncit. Lemak yang berkumpul di bagian ini ada 2 jenis.

Jenis pertama adalah lemak subkutan. Letaknya tepat dibawah kulit atau di atas otot. Karena itu, kalau disentuh terasa lunak. Efek lemak jenis ini hanya berpengaruh pada berkurangnya estetika atau keindahan tubuh.

Jenis kedua, lemak visceral letaknya, di dalam perut, tepatnya tertimbun di bawah otot dan melapisi organ-organ tubuh. Lemak ini mendorong dinding perut terasa keras seperti perut wanita hamil. Efek lemak visceral lebih serius dibanding lemak subkutan. Karena mempengaruhi kesehatan.

Prinsip terjadinya perut buncit pada kaum pria dan wanita sebenarnya sama saja. Namun ada kondisi khusus yang menyebabkan perut kaum wanita buncit. Beberapa penyebab terjadinya perut buncit pada kaum wanita, pertama, indeks massa tubuh (imt) melebihi normal sehingga mudah terjadi penumpukan lemak dibawah kulit (subkutan) dan organ (visceral). Kedua, kurangnya olahraga sehingga  tidak terbentuk otot dibawah perut, otot perut yang lemah akan mudah ditekan oleh lemak ke arah luar dan terlihat buncit. Ketiga, berkali-kali melahirkan. Keempat, karena genetik.

solusi-perut-buncit

Mengatasi perut buncit

Makanan dan olahraga adalah hal pertama yang harus dibenahi untuk mengatasi perut buncit. Sebab, masalah utama terjadinya perut buncit adalah jumlah kalori yang masuk melebihi kebutuhan, misalnya kelebihan karbohidrat dan lemak. Karbohidrat jelas dibutuhkan, akan tetapi batasannya harus diperhatikan. Ketika sudah makan nasi, supaya tidak ditambah lagi dengan makan mie atau kentang karena akan terlalu karbohidrat yang masuk di perut anda. Perhatikanlah kebutuhan kalori masing-masing. Jika ingin mengurangi berat badan, kurangi asupan kalori.

Konsumsi nasi atau karbohidrat lainnya adalah sekitar 50-60%. Selebihnya dari makanan yang mengandung serat dan protein. Konsumsi protein sekitar 15-20 %. Protein yang baik didapat dari ikan karena lemaknya sedikit dan kandungan gizinya yang sangat luar biasa. Serat bisa didat dari buah, misalnya apel yang dimakan beserta kulitnya. Nasi merah juga kaya serat. Sedangkan konsumsi lemak sebanyak 25-30 %.

Perhatikan pula waktu makan. Tujuan makan adalah untuk menambah energi sebagai modal aktivitas . Bila setelah makan malam kemudian tak lama langsung tidur, maka makanan tak bermanfaat. Apalagi setelah bangun tidur makan lagi. Maka, lemak akan tertimbun dalam tubuh, termasuk di area perut.

Olahraga atau aktivitas fisik juga faktor utama mengatasi masalah berat badan dan perut buncit. Lakukan olah raga aerobik, seperti jalan, lari, renang, bersepeda, selama 150 menit perminggu atau 3 x 50 menit per latihan. Waktunya bisa pagi atau sore. Idealnya olahraga yang baik itu 2 jam setelah makan atau lebih baik lagi dilakukan sebelum makan.

Secara umum, diet yang baik tidak perlu olahraga berlebih dan tak perlu mengurangi makanan secara berlebihan. Makan tetap 3 kali sehari dengan jumlah kalori dikurangi. Penggunaan obat, teh, ataupun jamu pelangsing sebenarnya tak terlalu signifikan bila tidak diimbangi dengan aktivitas fisik. Hindari obat pelangsing yang sampai membuat anda sering buang air besar dan buang air kecil.

Bila indeks massa tubuh telah kembali normal namun perut masih buncit, perlu tindakan lain. Lakukan sit up dengan rutin. Jika perut buncit dan bergelambir, bisa dipertimbangkan untuk menjalani liposuction (sedot lemak).

Penting untuk dipahami, penampilan menarik dan kecantikan itu bisa sehat secara alami. Syaratnya, konsumsi makanan sehat, aktivitas yang sehat, berfikir sehat, istirahat yang sehat, dan ciptakan lingkungan yang sehat. Selamat mencoba!

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *