Tips Diet Sehat bagi Penderita Penyakit Leukimia 

Posted on

Penyakit kanker darah  atau Leukimia akan berakibat fatal bagi penderita apabila tidak segera diatangani. Bahkan leukimia juga berdampak pada timbulnya berbagai penyakit lain, baik anemia hingga asam urat. Oleh sebab itu diperlukan intervensi gizi tepat bagi penderita sebagai upaya memperbaiki kondisi dan gejala yang timbul akibat penyakit tersebut. Beberapa panduan diet untuk penderita leukimia diantaranya:

Konsumsi tinggi Energi dan Protein

Pada prinsipnya, penderita kanker, termasuk kanker darah, perlu menjalani diet tinggi energi dan tinggi protein. Pada penderita kanker kebutuhan energi dan protein dapat meningkat seiring adanya perkembangan kanker dalam tubuh. Ibarat parasit dalam tubuh, sel-sel kanker akan menyedot dan menggunakan zat – zat gizi yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan tubuh. Dengan demikian apabila asupan zat gizi penderita kanker berkurang, sel – sel kanker tersebut akan menggunakan cadangan energi dan protein dalam tubuh yang lambat laun menyebabkan penurunan berat badan hingga kondisi kurang gizi kronis.

Diet rendah Purin

Penyakit leukimia dapat berdampak pada peningkatan kadar asam urat, walaupun belum tentu akan berkembang dan menimbulkan gejala Gout. Biasanya, penderita leuukimia diberikan obat alupurinol untuk mencegah risiko peningkatan asam urat. Di samping itu, penderita leukimia juga disarankan melakukan diet rendah purin untuk meningkatkan fungsi sari obat.

Diet rendah purin bertujuan untuk mencegah peningkatan kadar asam urat berlebih dalam darah. Hasil metabolisme purin akan diubah menjadi asam urat. Endapan kristal asam urat pada sendi itulah yang kemudian menyebabkan penyakit asam urat (Gout). Makanan tinggi purin yang harus dihindari oleh penderita leukimia terutama adalah jeroan, sarden, daging merah berlemak, daging babi, dan makanan yang diawetkan.

Diet rendah Asam Folat

Salah satu ciri khas dari diet bagi penderita leukimia yakni pembatasan asam folat. Pengobatan kemoterapi bagi penderita leukimia sering dilakukan dengan pemberian antifolat, aminopterin. Sebenarnya penelitian terkait asam folat dengan perkembangan kanker belum sepenuhnya jelas. Penelitian Young In Kim pada tahun 2008 mennyebutkan bahwa pada jaringan normal asam folat dapat mencegah timbulnya sel neoplastik. Namun pada kondisi preneoplastik dan neoplastik, asam folat menyebabkan proliferasi lesi kanker. Sehingga, pemberian suplemen asam folat tidak direkomendasikan sebagai langkah kemoterapi.

Sumber bahan makanan rendah asam folat diantaranya daging (secara umum), susu, telur, buah dan juga umbi. Sedangkan bahan makanan tinggi asam folat meliputi kacang – kacangan, sayuran berwarna hijau, seperti bayam, asparagus dan brokoli. Pemasakan dengan temperatur tinggi dapat membantu menurunkan kadar folat sebab pemanasan dapat merusak komposisi asam folat dalam makanan. Sebagai contoh susu bubuk yang telah mengalami proses pasteurisasi memiliki kadar folat yang lebih kecil dibandingkan dengan susu cair.

Hindari Soft drink dan Alkohol

Konsumsi minuman ringan (soft drink) dan alkohol tidak disarankan bagi penderita asam urat karena bersifat karsinogenik, atau dapat mendukung perkembangan sel-sel kanker. Disamping itu konsumsi minuman dingin dapat mengganggu kelancaran peredaran darah. Sedang alkohol dapat berpengaruh pada sistem saraf sehingga jumlah oksigen dalam tubuh menurun.

Terapi dengan Jus buah

Kandungan nutrisi dan antioksidan pada buah-buahan diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Western Ontario, Canada, menyebutkan bahwa jus jeruk mampu menghambat pertumbuhan sel kanker hingga 50%.

Demikian secara umum panduan diet bagi penderita Leukimia. Perlu diketahui kebutuhan dan respon individu terhadap nutrisi makanan dapat sangat bervariasi. Oleh sebab itu akan akan lebih baik untuk berkonsultasi kepada dokter dan ahli nutrisi terlebih dahulu sebelum menjalankan sebuah diet.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.