Tips Diet Sehat Dengan Mudah Tanpa Banyak Berkorban
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Tips Diet Sehat Dengan Mudah Tanpa Banyak Berkorban

Tips Diet Sehat Dengan Mudah Tanpa Banyak Berkorban

Setiap hal yang Anda lakukan memiliki efek samping, termasuk diet yang Anda jalani. Diet ternyata bisa menyebabkan Anda kehilangan banyak uang, sekaligus kehilangan beberapa orang teman. Kok, bisa? Iya, hal itu bisa terjadi kalau lebih dari separuh gaji Anda habiskan untuk membeli makanan sehat, dan Anda pun menjadi ogah nongkrong bareng teman-teman Anda sepulang kantor.

Ditambah lagi dengan resolusi Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu di gym, kalau perlu 3 jam setiap sesi latihan dan berlangsung dua kali sehari, pafgi dan sore. Hmm, tidak perlu sampai segitu ekstrimnya. Karena justru menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika, orang dengan tipe ‘ngotot’ seperti ini justru memiliki kemungkinan untuk gagal lebih tinggi dibanding mereka yang santai melakukannya.

Oleh karena itu, coba lakukan hal-hal berikut untuk mendapatkan tubuh ideal tanpa harus berkorban terlalu banyak:

  • Saat diet, bisa jadi Anda bukan lagi teman yang asyik buat teman-teman Anda Anda yang tidak berdiet. Alasannya, karena mengurangi asupan kalori ternyata menyebabkan kadar serotonin (zat baik di dalam otak) menurun, dan membuat Anda jadi suka rewel dan tidak seru lagi jika diajak jalan. Nah, agar kadar serotonin tetap terjaga, dan tetap menjadi teman yang menyenangkan, pastikan Anda menjaga asupan kalori di kisaran yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Tambahkan juga asam lemak omega-3 dalam menu diet Anda, misal ikan salmon, yang berfungsi melawan depresi dan mencegah kadar serotonin menurun.
  • Makanan sehat bernutrisi harganya naik 30 persen dalam 4 tahun terakhir, sementara harga permen dan minuman ringan hanya naik 15 persen. Nah, salah satu trik supaya tidak boros adalah dengan mengurangi konsumsi daging. Kemudian, kombinasikan menu dengan makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, oatmeal, beras merah, serta sayur dan buah-buahan.
  • Sediakan waktu yang cukup untuk belanja makanan sehat. Anda hanya perlu waktu 1 sampai 2 jam di akhir minggu untuk belanja persediaan makanan sehat untuk seminggu. Kemudian, lakukan persiapan dengan memotong-motong sayuran dan merendamnya di dalam bumbu, supaya semakin berkuranglah waktu Anda untuk masak setiap harinya. Anda jadi lebih santai, kan?
  • Mati-matian diet tanpa melakukan olahraga adalah kesalahan besar yan hanya akan merugikan Anda, karena Anda berisiko hanya akan kehilangan jaringan otot dan bukannya lemak. Padahal, otot diperlukan untuk menjaga metabolisme Anda dalam membakar kalori lebih cepat. Strategi terbaik adalah dengan mengonsumsi banyak protein dan melakukan latihan beban selama 20 – 30 menit, dua sampai tiga kali seminggu. Protein akan menjadi bahan bakar bagi latihan Anda dan membantu Anda memelihara otot. Sumber protein bisa Anda dapat dari kedelai, ikan-ikanan, daging tanpa lemak, telur, atau susu rendah lemak.
  • Menghabiskan waktu sepanjang hari di gym juga bukan solusi yang baik. Melakukan langkah yang ekstrim justru berisiko tinggi untuk gagal di tengah jalan. Ganti rencana Anda yang ekstrim, dan gantilah dengan perubahan-perubahan kecil yang bermakna, antara lain membiasakan diri sarapan setiap pagi, makan sebanyak mungkin sayuran yang disukai, dan menonton televisi hanya selama waktu berolahraga saja. Saat Anda mengombinasikan beberapa hal kecil, efek keseluruhannya akan lebih besar, dan Anda tidak mengorbankan seluruh hidup hanya untuk menjadi langsing.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *