Tips Hidup Sehat Alami dan Cara Menghindari Sakit Demam

Posted on

Hal pertama yang akan dilakukan keluarga anda ketika anda sakit adalah mengecek suhu badan. Mengapa meski mengecek suhu badan? Suhu badan adalah salah satu indikasi adanya kelainan dalam tubuh. suhu badan di cek menggunakan thermometer. Suhu badan dapat mengidentifikasi apakah anda terserang demam atau tidak. Suhu rata-rata manusia normal adalah 98,6 derajat fahreinheit. Penyakit menyebabkan suhu tubuh menjadi naik, sehingga salah satu cara mengidentifikasi adanya penyakit dalam tubuh adalah dengan mengecek suhu tubuh.

Biasanya dokter akan mengecek suhu tubuh pasien sekurang-kurangnya dua kali dalam sehari dan menuliskannya pada grafik yang akan menunjukkan kondisi tubuh pasien apakah suhu tubuhnya naik atau turun. Grafik suhu tubuh ini akan membantu dokter dalam menangani pasiennya. Grafik suhu tubuh ini seringkali dapat membuat dokter mengetahui penyakit apa yang diderita pasien dengan pasti. Contohnya grafik demam penderita radang paru-paru yang suhu tubuhnya naik turun karena suatu hal, dst. Setiap penyakit memiliki pola-pola atau kurva suhu yang berbeda-beda pada grafik.

Sama halnya dengan flu, demam juga merupakan salah satu misteri dalam dunia kedokteran mengenai penyebabnya, namun sebenarnya demam adalah salah satu usaha tubuh untuk mengusir penyakit. Mengapa bisa? Demam membuat proses yang penting dalam tubuh yang membuat organ-organ di dalam tubuh bekerja lebih cepat. Tubuh menghasilkan lebih banyak hormone, enzim, dan sel darah. zat Hormon dan enzim merupakan zat kimia yang berguna dalam tubuh ketika tubuh bekerja lebih keras, sel darah akan menghancurkan kuman lebih baik. Darah beredar lebih cepat, pernapasan juga akan lebih cepat, dengan begitu tubuh akan melepaskan bahan-bahan dan zat-zat yang tidak berguna serta racun dalam sistem tubuh.

Tubuh juga tidak dapat mengalami demam terlalu lama atau terlalu sering. Demam selama 24 jam dapat merusak protein yang tersimpan dalam tubuh, dank arena protein sangat penting bagi tubuh, demam adalah salah satu cara mahal untuk mengusir penyakit. Demam sebenarnya dapat dihindari meski penyebab demam secara pasti belum diketahui secara medis yaitu dengan kebiasaan hidup sehat. Lalu bagaimanakah tips hidup sehat saat demam datang?

  1. Tidak mandi atau menyeka tubuh dengan air dingin. Anda dapat menggunakan air hangat kuku untuk mandi atau menyeka tubuh yang demam. Air dingin akan mmeperparah keadaan tubuh yang denga, karena jika panas berteu dengan suhu dingin, bisa jadi akan menimbulkan kejang pada penderita demam. Air dengan suhu hangat-hangat kuku sangat dianjurkan dan efektif untuk menurunkan demam terutama jika setelah mengkonsumsi obat penurun demam.
  2. Tidak mengkompres menggunakan alcohol. Meskipun alcohol dapat mendinginkan tubuh, namun alcohol seringkali membuat keaadaan penderita demam menjadi makin parah. Hal ini sama dengan kasus mandi dengan air dingin, karena alcohol dan ir dingin dapat menyebabkan kejang atau rasa mengigil pada penderita dan akan menaikkan suhu tubuh.
  3. tidak menggunakan selimut berlebih. Maksud dari menggunakan selimut berlebih adalah dengan membungkus penderita demam dengan selimut atau pakaian yang kelewat tebal. Memang benar jika penderita demam berkeringat lebih banyak maka suhu tubuhnya akan segera turun, namun membungkus si sakit dengan selimut atau pakaian berlebih justru akan membuat suhu tubuh si sakit semakin tinggi. usahakan untuk mebuat lingkunag senyaman dan sesejuk mungkin, misalnya dengan menggunakan satu lapis jaket dan satu lapis selimut ketika tidur.apabila ruangan terlalu panas anda dapat menyalakan AC atau kipas, namun jangan sampai megenai atau mengarah langsung pada penderita demam.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.