Tips Jitu Meningkatkan Pembelian pada Bisnis e-Commerce - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Friday , July 28 2017
Home / Bisnis / Tips Jitu Meningkatkan Pembelian pada Bisnis e-Commerce

Tips Jitu Meningkatkan Pembelian pada Bisnis e-Commerce

Bisnis online yang fokus di bidang jual beli online merupakan salah satu strategi bisnis yang menggiurkan. Bagaimana tidak, pada tahun 2014 saja, transaksi yang terjadi pada bisnis jual beli online di dunia mengalami peningkatan kurang lebih 35%.  Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 2013 sebelumnya.

Bisnis yang mengutamakan jual beli barang tertentu dan menjualnya di internet biasa disebut dengan e-commerce. Atau lebih sederhananya adalah toko online. Bisnis bidang e-commerce memang pasar bisnis yang memiliki pertumbuhan tercepat di kawasan internasional. Pertumbuhan tersebut bahkan telah mencapai 88% transaksi pembelanjaan. Meskipun telah menunjukkan angka peningkatan yang cukup tinggi namun masih banyak juga para pengusaha toko online yang justru tidak mengalami dampak peningkatan tersebut.

Justru sebaliknya, masih banyak pemilik toko online yang tidak begitu merasakan dampak peningkata tersebut akan tetapi lebih cenderung gulung tikar. Hal itu tentu dikarenakan beberapa sebab yang tidak mensupport terjadinya pembelian. Artinya, pemilik toko tidak bisa meyakinkan pembeli bahwa berbelanja di toko tersebut aman dan terjangkau harganya.

Untuk itu, tidak ada salahnya apabila anda yang ingin menekuni bisnis e-commer atau toko online mengetahui beberapa tips agar nantinya merasakan peningkatan pembelian.

Biaya Kirim yang Transparan

Mayoritas pembeli di toko online lebih memilih berbelanja di toko online karena memiliki kecepatan dalam pengiriman. Akan tetapi, hampir 50% pengguna e-commerce justru mengabaikan akan hal ini. Entah disengaja atau tidak kebanyakan penjual online memberikan informasi tentang biaya kirim di akhir website. Hal itu bisa jadi penyebab orang enggan berbelanja di toko anda.

Biaya kirim suatu barang harus jelas dan pasti. Sebab, tidak jarang para pembeli barang online mengutamakan biaya kirim. Dengan kata lain, seringkali pembeli akan membeli barang anda jika biaya kirim tersebut jelas ditulis di awal dan tidak terkesan disembunyi-sembunyikan.

Pembeli online seringkali merasa kecewa karena merasa bingung dengan proses pembelian yang tidak transparan. Dan untuk mengatasi hal ini anda bisa saja memasang aplikasi biaya ongkos kirim yang ada di website Kantor Pos atau JNE. Dengan memasang aplikasi yang terhubung dengan jasa pengantaran barang maka anda akan dengan mudah menentukan harga kirim ke suatu tempat. Sehingga pembeli pun bisa memperkirakan kalkulasi belanjaannya di toko online anda.

Toko Online Memiliki Loading Cepat

Faktor yang menyebabkan pembeli kabur dan tidak jadi membeli di toko anda adalah dikarenakan loading website anda yang lambat. Kecepatan toko online menjadi faktor yang sangat penting. Sebab, hal itu berhubungan dengan tingkat profesionalitas anda. Berdasarkan penelitian di dunia internet, sebanyak 80% pengunjung meninggalkan toko online jika website tersebut memiliki loading lebih dari 3 detik.

Untuk memiliki kinerja website yang optimal anda bisa menggunakan aplikasi Google Page Speed. Aplikasi tersebut berguna untuk mengetahui tingkat kecepatan website anda. Sehingga selanjutnya anda bisa memaksimalkan dengan berbagai cara. Biasanya, yang menyebabkan suatu website lambat adalah besarnya gambar yang digunakan atau banyaknya aplikasi yang terpasang. Karena ini adalah toko online tentunya tidak bisa menghindari gambar. Akan tetapi bagaimana cara mengoptimalkan ukuran gambar sehingga tidak berdampak negatif itulah yang terpenting dalam menarik pembeli.

Mengintegrasikan Toko dengan Media Sosial

Toko online e-commerce yang mengalami peningkatan dalam pembelian ternyata memiliki rahasia tersendiri. Rahasia tersebut adalah mengintegrasikan toko online tersebut dengan media sosial yang ada. Misalnya, facebook, instagram, dan twitter. Kedua media tersebut seringkali digunakan oleh pemilik e-commerce untuk menjaring pembeli. Sebab, saat ini dengan adanya handphone android mayoritas masyarakat lebih memilih online melalui mobile. Akan tetapi, dengan menggabungkan toko online dengan media sosial akan lebih mampu membuat pembeli merasa dimudahkan dalam memilih barang yang anda tawarkan.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *