Umpan Ikan Mangut Terbukti Ampuh

umpan ikan mangut – Ikan mangut adalah sejenis ikan air tawar yang suka di air berarus dan suka di bebtuan, ikan ini lumayan di gemari untuk konsumsi, daging ikannya yang empuk, cocok untuk berbagai olahan masakan.

Ikan mangut / nilem batu adalah jenis hewan herbivora, nilem batu / mangut batu sangat menyukai makanan segar contohnya lumut, tapi ikan ini juga suka makan kedalai, baik di olah jadi tahu ataupun tempe.

Juga tidak jarang ikan mangut ini makan hewan hewan kecil di air contohnya cacing.

Ikan nilem batu / mangut ini biasanya bergerombol dalam mencari makan, bianya banyak di jumpai di air – air mengalir.

Umpan Ikan Mangut

Berikut adalah umpan – umpan yang cocok buat ikan mangut / nilem batu :

  1. Lumut
    • Cara mancingnya adalah gunakan lumut yang halus, jika lumutnya kasar kasih garam biar menjadi halus jika yang suka makai essense gunakannlah essense pandan, sangat di rekomendasikan mancing mangut / nilem batu di air hijau kebiruan/bukan habis banjir jika menggunakan umpan lumut.
  2. Tempe
    • Cara mancingya adalah gunakan tempe balok yang sudah padat dan isinya rapat – rapat di bagian kedelainya, biasanya yang bagus tempe malang. potong kotak-kotak kecil sebesar jempol tangan, dan gunakan pancing gombyok isi 5/6 kail, biasanya jail yang di gukanan ukuran 1 carbon plus.
  3. Pelet
    • Cara mancingnya adalah gunakan pelet -2, aduk dengan air hangat dan kasih kuning telur, aduk sampai pulen sesuaikan dengan takaran. gunakan pancing gombyok isi 6-8 ukuran kail biasanya 1-2 carbon plus.

Itulah beberapa racikan umpan ikan mangut, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Cara Mancing Ikan Uceng, Umpan Ikan Nila Liar Susah Makan, Rangkaian Pancing Nila Paling Ampuh Pakai Lumut

Tinggalkan komentar