Tips Memaksimalkan Bisnis Investasi Kecil dengan Keuntungan Besar

Posted on

Saat ini, banyak usaha-usaha kecil yang bermunculan di tengah masyarakat. Di Indonesia sendiri, perusahaan didominasi oleh para pengusaha di bidang usaha kecil menegah atau biasa disebut dengan UKM. Banyak investor yang melihat hal tersebut sebagai peluang untuk ikut bersama dalam membesarkan usaha kecil menengah tersebut.

Setiap pebisnis pasti membutuhkan tangan pihak ketiga untuk membantu secara finansial, baik itu perusahaan besar maupun kecil. Namun beberapa investor ada yang menghindar untuk menginvestasikan uangnya kepada perusahaan kecil. Umumnya mereka tidak yakin akan jaminan uang yang mereka investasikan.

Namun apabila Anda jeli dan bisa mengambil keputusan yang tepat, Anda bisa memperoleh keuntungan besar dari investasi kecil tersebut.  Memilih bisnis yang tepat untuk berinvestasi sangat penting karena hal tersebut menentukan apakah uang Anda berubah menjadi keuntungan atau tidak. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda dalam berinvestasi bisnis kecil yang bisa Anda terapkan:

Ketika Anda memutuskan untuk investasi usaha kecil, Anda mungkin ingin menghindari bisnis baru. Bahkan jika bisnis baru tersebut terdengar seperti akan sukses di masa depan dan mungkin jika Anda bekerja sama dengan mereka, bisnis kecil tersebut akan menjadi luar biasa. Hal tersebut tidaklah salah. Karena walaupun terdengar menjanjikan, bisnis baru memiliki resiko yang lebih tinggi daripada bisnis yang sudah berjalan cukup lama. Menurut data statistik, kebanyakan bisnis kecil gagal dalam beberapa tahun pertama.  Oleh karena itu, Anda harus mampu membuat keputusan yang bijaksana terhadap uang Anda. Kemampuan berinvestasipun datang dari pengalaman. Biarkan usaha baru tersebut jalan hingga batas waktu tertentu, kemudian barulah Anda mempercayakan uang Anda kepada mereka.

Setelah Anda berhasil memilih bisnis yang mapan untuk berinvestasi di dalamnya, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melibatkan diri Anda. Cobalah untuk melihat rencana bisnis mereka untuk melihat tujuan apa yang ingin mereka raih di masa depan. Sebagai seorang investor, Anda seharusnya memiliki suara dalam menentukan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembiayaan bisnis tersebut.

Jika Anda merasa bahwa Anda memiliki gagasan cemerlang terkait pembiayaan usaha, maka sampaikanlah pendapat Anda tersebut. Selain Anda memiliki andil, Anda dapat memastikan bahwa usaha kecil tersebut memiliki kesempatan untuk berhasil dan melampaui posisi di mana mereka berada sekarang. Pastikan diri Anda mengetahui secara detail bagaimana uang Anda akan digunakan oleh perusahaan tersebut.  Jika Anda tidak dapat mengajukan pendapat Anda tentang pembiayaan usaha, maka sebaiknya Anda mencari tempat lain untuk menginvestasikan uang Anda.

Meskipun Anda tidak bisa memprediksi bagaimana kemajuan dan pergerakan pasar di kemudian hari, setidaknya Anda bisa memprediksi potensi-potensi pasar apa yang akan laku di masa depan. Namun perlu diingat bahwa ketika Anda akan menginvestasikan uang Anda kepada bisnis kecil sebaiknya jangan gunakan dana untuk keperluan Anda. Yang dimaksud dana keperluan di sini seperti dana untuk pendidikan, dana pengobatan, dana untuk pembayaran pinjaman, dan sebagainya. Sebaliknya, gunakan dana yang tidak mendesak sebagai dana untuk investasi usaha kecil Anda. Dana yang tidak mendesak itu seperti dana untuk hiburan dan dana untuk membeli mobil baru atau barang-barang tersier lainnya.

Dalam hal  berinvestasi, Anda dapat mempercayai insting Anda untuk mendapatkan keputusan yang tepat. Hingga akhirnya Anda harus mampu melihat keuntungan dan peluang dari investasi bisnis kecil Anda tersebut.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.