Tips Memanfaatkan Facebook Marketing Untuk Meningkatkan Penghasilan Bisnis Online

0
43

Banyak dari pebisnis online yang kurang mahir dalam memanfaatkan sosial media seperti Facebook. Mereka hanya menggunakan Facebook sebatas teman curhat. Padahal, dengan memanfaatkan facebook para pebisnis akan mampu meraup keuntungan yang berlimpah. Namun, meski sudah banyak pebisnis yang menggunakannya tapi tetap saja tidak sukses dalam mendapatkan profit. Hal itu sebenarnya lebih disebabkan karena kurangnya ilmu mereka tentang marketing bisnis.

Saat ini, sosial media marketing masih dalam masa pertumbuhan. Ini merupakan sebuah keuntungan karena tidak ada aturan yang tertalu ribet dalam membatasi penggunanya. Anda dapat mencoba serta bereksperimen dengan metode dan teknik yang berbeda. Namun, jika anda tidak ingin bereksperimen, berikut adalah beberapa tips untuk mencoba dan menguji metode yang akan menjamin kesuksesan bisnis anda:

  1. Jadikan produk anda yang terunik dari produk lainnya

Tidak ada yang lebih membosankan daripada halaman Facebook yang biasa-biasa saja dan tidak dirawat. Memberikan nilai tambah pada produk justru akan lebih menyenangkan untuk pengembangan bisnis anda. Jika memungkinkan, cobalah untuk membuat aplikasi hanya untuk halaman yang menawarkan sesuatu yang berbeda sehingga calon pelanggan terus ingin kembali. Paling tidak dalam satu hari harus ada informasi produk terbaru atau sekedar mengulas keunggulan-keunggulan produk yang anda tawarkan. Pokoknya jangan biarkan teman-teman atau pengunjung anda datang dan pergi dengan cepat dari akun anda.

  1. Gunakan gambar profil besar

Siapa bilang ukuran tidak penting?. Menggunakan gambar profil yang besar adalah salah satu cara terbaik untuk membangun branding halaman Facebook anda. Facebook memungkinkan gambar hingga 200×600 pixel untuk digunakan sebagai gambar profil Halaman. Dengan cara ini, produk anda akan terlihat sangat menonjol di facebook.

  1. Tag fans dalam foto

Anda dapat menandai penggemar anda dalam gambar koleksi terbaru, atau bahkan meminta mereka untuk mengetag diri anda, dan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang benar-benar punya popularitas seperti artis atau musisi. Ini akan mendongkrak publisitas karena setiap hasil tagging akan muncul pemberitahuan.

  1. Berikan reward untuk pendukung loyal

Mendorong pendukung setia untuk bergabung dengan Page anda merupakan bentuk ikatan yang saling menguntungkan. Misalnya, anda ingin membuat teman anda lebih aktif lagi dalam page facebook anda tidak ada salahnya jika sekali-kali anda berikan hadiah kecil untuk mereka yang sudi berbagi dengan anda.

  1. Gunakan Kontes dan Polling

Dengan mengadakan kontes akan mendorong penggemar untuk berinteraksi secara langsung dengan anda. Misalnya, produk yang anda tawarkan adalah “Produk Obat Herbal”, sekali-kali anda bisa adakan kontes seperti review produk herbal anda atau membuat suatu desain banner untuk produk anda. Nah, yang paling bagus bisa anda beri hadiah sepantasnya. Cara seperti inilah yang akan membuat pelanggan lebih dekat dengan kita. Di samping itu, ternyata pengguna facebook juga banyak yang suka dengan kegiatan seperti ini.

  1. Mengintegrasikan plugin facebook sosial untuk situs anda

Khususnya blog atau web yang berbasis wordpress telah banyak plugin yang diciptakan oleh para pakar untuk menfasilitasi penggunanya. Dengan plugin ini anda bisa menampilkan lencana di situs anda sehingga pengguna facebook akan lebih mudah dalam menyukai halaman anda. Cara seperti ini ternyata terbukti ampuh menjaring pelanggan sebab biasanya orang lebih mudah menemukan website dari pada akun facebook. Dan ternyata ini sangat membantu ketika keduanya diintegrasikan.

Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan pemasaran produk melalui facebook gratisan. Anda bisa cari-cari di google tentang cara memaksimalkan facebook untuk menjual barang.

 

Strategi Marketing Dengan Facebook Gratisan

Menemukan tempat yang baik untuk menampilkan produk secara gratis di dunia online adalah impian bagi semua orang. Facebook telah membuat ini menjadi kenyataan. Dengan setengah miliar pengguna Facebook dan ribuan komunitas online. Facebook telah membawa pelanggan potensial lebih dekat dengan Anda.

Bukan rahasia lagi bahwa Facebook dapat membantu Anda dalam pemasaran online. Namun, sebagian orang menganggap bahwa hanya mendaftar di Facebook itu sudah cukup untuk mendapatkan semua keunggulan yang telah disediakan oleh facebook, Itu tidak cukup.

Ada banyak lagi yang harus anda ketahui untuk memaksimalkan pemasaran di Facebook dari sekedar membuat profil, Menjaga fans anda terlibat ke dalam dunia anda di facebook adalah kuncinya. Kali ini, saya akan memberitahu anda bagaimana anda dapat menggunakan media Facebook untuk meningkatkan basis pelanggan anda serta mempertahankan yang anda miliki.

Hadirkan Diri Anda di Facebook

  1. Facebook Profile

Dengan membuat sebuah profil anda sendiri atau bisnis anda, sebenarnya anda sedang membangun identitas diri. Dengan ini, facebook akan menghubungkan diri anda dengan sesama pengguna dan dalam posisi yang berbeda. Profil anda memungkinkan anda berinteraksi dengan orang-orang pada catatan pribadi, lebih-lebih apabila profil anda mengenai bisnis lokal. Berikut adalah beberapa aspek penting dari suatu halaman profil :

  • Gambar Profil

Untuk profil yang dapat dipercaya gunakan gambar yang paling bagus dan sesuai dengan apa yang ingin anda kembangkan. Ini sama halnya ketika kita menilai buku. Sebelum kita membeli buku saja hal yang pertama kali dilihat adalah sampulnya sebelum melihat penulisnya. Hal ini justru banyak orang yang tidak mempedulikannya. Foto asal-asalan sebenarnya malah merusak brand bisnis kita. Untuk itu tentukan gambar atau desain terbaik anda untuk dipasang di gambar profil.

  • Tambah Teman

Setelah membuat profil, jangan menunggu hal ajaib akan langsung terjadi. Banyak hal lain yang perlu dipermak lebih cantik. Tambahkan teman baru setiap hari minimal 10-15 orang. Namun, pastikan anda tidak menambahkan lebih dari 25 – 30 orang per hari, sebab jika anda melakukannya bisa-bisa akun anda dihapus dari facebook karena alasan spamming.

  • Menulis di Wall/Dinding Facebook

Ini adalah platform utama anda untuk berinteraksi dengan pengguna Facebook. Pesan posting di dinding dan juga berkomentar tentang kegiatan anggota merupakan inti dari kegiatan “facebooking”, meskipun hanya dengan kata-kata singkat asalkan menjual pasti banyak teman-teman anda yang minat atau paling tidak peduli dengan catatan anda. Jalin komunikasi melalui dinding anda secara harmonis dan hindari melecehkan orang lain sebab jika teman anda tersinggung malah teman anda akan memblokir atau melaporkan akun anda.

  • Foto Album dan Video

Foto dan video adalah cara yang bagus untuk menampilkan koleksi terbaru dari produk Anda. Koleksi foto atau video seharusnya menampilkan yang bagus-bagus saja. Foto yang kurang menarik justru akan membuat orang yang melihat akan merasa bosan dan tidak betah berlama-lama di akun anda. Jadi jangan anggap remeh foto atau video di facebook ini. Kalau bisa foto produk anda telah diedit baik dengan photoshop atau coreldraw. Pokoknya buat orang yang lihat itu betah berlama-lama foto-foto produk anda.

  1. Fan Pages

Facebook Pages, yang dikenal sebagai Fan Pages, sengaja dirancang untuk bisnis, merek, perusahaan, produk dan selebriti. Hal ini memungkinkan tokoh masyarakat, organisasi dan entitas lain untuk menciptakan kehadiran brand mereka kepada masyarakat publik di Facebook.

Anda dapat mendorong pengguna untuk menjadi penggemar halaman anda dan berbagi informasi dengan mereka melalui menampilkan gambar, video, update status, diskusi dan kiriman dinding. Berbeda Profil Facebook, Halaman yang terlihat untuk semua orang di internet dan umumnya lebih baik untuk hubungan jangka panjang antara anda dengan penggemar atau pelanggan.

  1. Grup

Grup Facebook memungkinkan orang untuk datang untuk mengekspresikan pandangan mereka. Salah satu keunggulan dari fitur facebook adalah mampu untuk mengirim pesan langsung ke inbox anggota Facebook. Ini cara yang bagus untuk membentuk sebuah komunitas dan membantu citra merek Anda.

Saat ini, merupakan suatu keharusan bagi organisasi, pengusaha, entrepreneur, motivator, instansi sekolah, dll. untuk membangun kehadiran mereka di Facebook. Hal yang baik di sini adalah bahwa anda dapat mengirim atau mengundang massal ke teman Anda.

  1. Acara

Sederhananya, fitur acara yang disediakan facebook dapat membantu anda terhubung dengan audiens tertarget. Acara dapat dibuat secara individual atau bahkan dari Profil, Halaman. Yang saya suka dari Facebook adalah facebok memberikan kita pilihan antara membuat acara umum dan pribadi. Ini tentunya sangat memudahkan kita dalam memilih teman yang bisa kita ajak dalam suatu acara tertentu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here