Tips Membeli Aset Properti Ini Terbukti Berhasil - articles.id
Thursday , July 20 2017
Home / Bisnis / Tips Membeli Aset Properti Ini Terbukti Berhasil

Tips Membeli Aset Properti Ini Terbukti Berhasil

Bagi mereka yang telah terbiasa berinvestasi pada bisnis properti, tentunya aktivitas jual – beli properti adalah hal yang sudah sering dilakukan. Sehingga hampir bisa dipastikan tak ada kendala berarti yang mereka rasakan selama menjual ataupun membeli aset – aset properti yang mereka miliki. Namun berbeda halnya bagi anda yang masih baru mengenal dunia bisnis properti terutama pada aspek investasi properti. Tentu dalam benak anda terdapat kekhawatiran bagaimana jika ketika membeli aset properti anda justru dirugikan oleh si penjuala atau mungkin khawatir harus menelan kekecewaan pasca membeli aset properti.

Kekhawatiran semacam itu sebenarnya sangat wajar dirasakan oleh anda yang belum pernah atau baru sekali – dua kali merasakan pengalaman jual – beli dalam bisnis properti. Biasanya hal yang dikhawatirkan diantaranya yaitu:

  1. Khawatir harga yang dikenakan kepada anda terlalu tinggi dari harga normal yang seharusnya
  2. Anda khawatir jika properti yang anda beli tidak sesuai dengan harapan, baik itu secara lokasinya, fasilitasnya, bangunannya, ataupun luasnya
  3. Khawatir jika anda kecewa terhadap proses transaksi jual – beli yang berbelit – belit serta mempersulit anda
  4. Khawatir jika properti yang anda beli tengah berada dalam sengketa
  5. Khawatir anda menjadi korban penipuan dalam bisnis properti
  6. Dll

Nah, itulah beberapa kekhawatiran yang biasanya dimiliki oleh mereka yang masih baru mengenal investasi pada bisnis properti. Namun anda tak perlu ikut khawatir sebagaimana di atas jika anda mengikuti beberapa tips anti kecewa ketika anda tengah berencana membeli aset properti tertentu. Adapun tips – tips tersebut diantaranya yaitu:

  1. Pastikan anda melakukan survey kecil – kecilan sebelum membeli suatu properti

Survey yang dimaksud di sini adalah untuk mengetahui harga pasaran dari properti di wilayah tersebut. Dengan demikian anda bisa menetapkan harga wajar dari suatu properti di wilayah tersebut. Harga wajar inilah yang akan jadi acuan anda dalam proses tawar menawar.

  1. Datangi langsung lokasi tempat properti berada dan check sendiri kondisi properti yang akan anda beli

Untuk memastikan kualitas properti yang hendak anda beli, maka anda perlu mengecek sendiri semua kualitas dari properti tersebut dengan mendatanginya langsung. Jangan ragu untuk menghubungi si pemilik dan sampaikan jika anda berniat untuk melihat – lihat kondisi properti.

  1. Lakukan tawar – menawar dengan penjual atau perantara yang ditunjuk oleh pemilik properti

Tawar – menawar di sini adalah untuk mendapatkan harga terbaik, dan jika memungkinkan lebih rendah dari harga standart properti di wilayah tersebut. Jika pun tidak memungkinkan, setidaknya margin nya tak terlalu besar dari harga wajar sehingga anda tak akan mendapatkan harga properti yang kemahalan yang bisa membuat anda kecewa. Selain itu, Jangan sungkan untuk menanyakan alasan pemilik properti menjual propertinya tersebut

  1. Diskuskan dengan pasangan, keluarga, kerabat ataupun teman dekat agar memperoleh second opinion dari mereka

Jika anda ingin memastikan analisis dan keputusan yang anda ambil sudah tepat, anda bisa meminta pendapat pembanding dari orang – orang terdekat anda. Sehingga anda bisa memilih secara lebih obyektif.

  1. Pastikan anda dan si penjual mengurus dokumen ataupun sertifikat yang dibutuhkan untuk melegalkan proses jual – beli dan balik nama properti
  2. Pastikan anda mengikuti setiap tahap dalam proses jual – beli sendiri atau oleh orang yang benar – benar anda percaya.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *