Tips Membersihkan Tato Dengan Cepat dan Permanen - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Tips Membersihkan Tato Dengan Cepat dan Permanen

Tips Membersihkan Tato Dengan Cepat dan Permanen

Gaya hidup modern saat ini membuat banyak anak muda melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak mendatangkan manfaat bagi dirinya. Salah satunya adalah dengan mentato sebagian atau seluruh tubuhnya agar terlihat keren dan tidak ketinggalan zaman. Ya, tato sangat identik dengan pergaulan modern yang entah bagaimana pemikiran tersebut bisa masuk ke pikiran anak muda. Bahkan, orang yang memiliki tato cenderung menjadi identitas dirinya. Baik itu anak punk, anak band, anak jalanan, dan lain sebagainya. Berbagai macam prediket negatif seringkali diberikan kepada mereka saja yang badannya penuh dengan tato.

Pertanyaannya adalah apakah sebenarnya tato itu menyehatkan bagi tubuh, atau hanya sekedar untuk kesenangan semata?. Secara medis tidak satu pun penelitian yang menunjukkan bahwa tato itu menyehatkan tubuh. Justru yang ada adalah merusak badan. Nah, jika anda memiliki tato di sekujur badan atau sebagian hendaknya anda mulai memikirkan untuk menghilangkannya secara permanen pula.

Tato yang dipasang di badan secara permanen pada dasarnya sangat sulit untuk dihilangkan. Akan tetapi dengan kecanggihan medis saat ini anda bisa bernafas lega karena tato permanen bisa dihilangkan dengan ilmu kedokteran. Akan tetapi jangan berharap lebih karena seringkali kulit yang dibersihkan dari medis tidak dapat kembali ke warna semula. Meskipun beberapa kasus ada yang beruntung mendapatkan kulit aslinya kembali.

Cara menghilangkan tato secara permanen dapat ditangani dengan tenaga ahli para dokter dengan menggunakan beberapa alat. Di antara alat bantu tersebut adalah laser, operasi pengangkatan kulit, serta dermabrasi. Baiklah langsung saja berikut adalah ulasan dari ketiga teknik menghilangkan tato permanen pada tubuh anda.

Teknik Laser

Dengan menggunakan teknik laser maka tato yang ada pada kulit anda akan bisa hilang permanen. Warna tato yang telah menempel akan dihilangkan dengan sinar beritensitas tinggi. Ada beberapa jenis laser yang dapat dipakai untuk menghilangkan tato. Setiap jenis mempunyai fungsi yang berbeda juga. Misalnya laser YAG dan Q-Switched ruby, laser jenis ini akan efektif menghilangkan tato yang berwarna biru, hitam dan juga merah. Hanya saja jenis laser ini tidak mampu menghilangkan tato yang memiliki warna hijau.

Ada beberapa tahapan dalam proses menghilangkan tato dalam tubuh. Pada langkah awal, kulit akan dibuat mati rasa dengan menggunakan obat bius yang disuntukkan ke kulit yang ada tatonya. Lalu alat laser akan ditempelkan pada tato yang berguna untuk membakar atau menghancurkan tinta tato. Setelah proses pembakaran tato menggunakan laser ini selesai maka anda akan mendapati kulit yang membengkak, berdarah, melepuh dan kondisi lainnya. Anda tidak perlu hawatir karena hal itu bisa anda redakan dengan memberi salep antibakteri. Untuk menghilangkan secara maksimal anda harus mengulang proses tersebut selama beberapa kali bahkan mungkin hingga 10 kali sampai warna tato benar-benar hilang dari kulit.

Mengangkat jaringan kulit bertato

Teknik menghilangkan tato yang kedua adalah dengan cara mengangkat jaringan kulit bertato dengan cara operasi bedah. Dalam proses ini kulit yang ada tatonya akan dibedah menggunakan pisau penyayat untuk mengangkat kulit yang telah dipenuhi tato. Setelah diangkat langkah selanjutnya adalah bagian tepi kulit yang telah disayat akan dijahit kembali agar dapat menempel. Setelah itu lokasi kulit yang telah disayat akan diberikan salep antibakteri agar dapat membantu penyembuhan. Metode yang satu ini terkenal paling efektif dalam hal menghilangkan tato pada tubuh. Akan tetapi metode ini hanya bisa dilakukan untuk tato skala kecil. Sebab jika tato terdapat di sekujur tubuh maka anda harus ganti kulit dengan yang baru.

Teknik Dermabrasi

Metode ini juga terbukti ampuh menghilangkan tato dari kulit secara permanen. Dermabrasi merupakan metode yang menggunakan alat seperti sikat abrasive dan memiliki roda yang bisa berputar dengan sangat cepat. Cara menggunakannya adalah kulit yang terdapat tato akan diampelas menggunakan alat tersebut hingga lapisan kulit yang bertato bersih dari tinta tato. Tujuannya adalah agar warna tato memudar hingga hilang.

Dari ketiga teknik tersebut kedua teknik pertama lebih digemari sebab hasilnya jelas. Sedangkan untuk dermabrasi kurang digemari karena hasilnya tidak jelas dan kurang maksimal.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *