tips membersihkan usus besar
tips membersihkan usus besar

Tips Membersihkan Usus Besar Dengan Konsumsi Apel dan Seledri

Posted on

Tips Membersihkan Usus Besar dalam istilah medis dikenal dengan sebutan “Colon cleansing” merupakan sebuah solusi yang banyak direkomendasikan khususnya untuk mengatasi masalah konstipasi (sulit buang air besar) dan menjaga kesehatan pencernaan. Sebagaimana telah kita ketahui, cara alami untuk melakukan colon cleansing adalah dengan mengkonsumsi makanan sumber serat. Walaupun terdapat metode pembersihan colon secara medis yang lebih cepat dan dapat kamu peroleh dengan membayarkan sejumlah uang, cara alamiah tentu adalah yang lebih baik, aman, juga sekaligus murah.

Hal ini senada dengan yang diterapkan oleh Alice, tim medis yang berasal dari Univeritas Colombia, Ia bersama timnya selalu menyarankan para pasien untuk memanfaatkan bahan makanan alami dan pola hidup sehat sebagai pintu gerbang untuk memperoleh kondisi usus yang lebih bersih dan prima. Seledri dan Apel merupakan contoh bahan makanan alamiah kaya akan serat yang perlu untuk dimasukkan dalam menu harian anda untuk membantu diet pembersihan usus. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut sehingga program diet menjadi lebih bervariasi dan menyenangkan:

Langkah pertama 

Tips membersihkan usus besar yang pertama adalah dengan konsumsi apel dan seledri sebagai snack. Sebuah apel utuh dapat dengan mudah kamu bawa sebagai bekal makan siang. Apabila kamu memiliki lebih banyak waktu, kamu dapat mengiris apel menjadi potongan-potongan kecil kemudian menyantapnya secara santai sambil menonton televisi. Satu cangkir potongan seledri mengandung  serat yang setara dengan beberapa porsi sayur-mayur. Apel  juga seledri dapat kamu konsumsi secara langsung atau dengan olesan selai kacang sebagai tambahan rasa. Kamu juga dapat mencoba mencelupkan seledri pada saus salad yang rendah kalori.

manfaat garam

Langkah kedua 

Makanlah buah apel atau saus apel sebagai dessert atau makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi apel segar atau saus apel segai dessert tidak hanya bermanfaat sebagai asupan serat tetapi juga membantu mengurangi keinginan megkonsumsi dessert lain yang kaya akan gula dan sumber kalori. Untuk variasinya sebagai pilihan hidangan penutup mulut , panggag apel dengan alat pemanggang roti  kemudian taburi kayu manis dan gula untuk menambah rasa.

Langkah ketiga 

Kombinasikan apel dan seledri dalam menu sayuran saladmu. Meskipun berukuran kecil, seledri dapat memberikan rasa segar dan menambahkan tekstur renyah pada kreasi menu salad yang kamu hidangkan. Sedangkan apel sering ditambahkan ke dalam menu salad seperti Salad Waldorf guna untuk memberikan rasa manis. Itulah tips membersihkan usus besar yang ketiga.

Langkah keempat

Tips membersihkan usus besar keempat adalah dengan apel. Apel atau seledri segar dalam lemari es dapat menjadi pilihan tepat sebagai menu camilan saat berpergian. Pastikan juga untuk mengkonsumsi snack sehat ini secara teratur ke dalam diet Anda. Hindari apel menjadi kecoklatan dengan mengkombinasikannya bersama pemerasan jeruk lemon. Kandungan asam pada jeruk lemon akan mencegah reaksi kimia yang menyebabkan apel mudah mengalami oksidasi atau menjadi berwarna kecoklatan.

penyakit usus besar

Langkah kelima

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu fungsi pencernaan untuk mejaga usus bebas dari kerusakan atau penurunan fungsi. Para ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi sekitar 64 ons air putih setiap hari. Namun demikian meningkatkan asupan air bersama dengan konsumsi apel dan seledri dapat mempercepat dan mengoptimalkan proses alamiah pembersihan usus.

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk tidakan medis yang mahal dan berisiko, anda hanya perlu menyediakan stok buah apel dan sayur seledri pada lemari pendingin untuk menjalani upaya alami pembersihan usus yang menyenangkan ini.

Itulah 5 langkah utama Tips Membersihkan Usus Besar. Lakukan hal tersebut secara rutin agar usus besar anda selalu sehat.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.