Tips Memilih Pengembang Properti Terpercaya Saat Hendak Membeli Rumah

Posted on

Ketika hendak membeli rumah, kita dihadapkan pada pilihan untuk membeli rumah milik orang lain atau disebut juga rumah bekas pakai maupun memilih untuk membeli rumah baru. Bahkan beberapa orang juga memilih untuk membangun sendiri rumah yang diidam – idamkannya agar bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhannya akan rumah tersebut. Memang ketika kita membeli rumah dari orang lain, bisa jadi ada hal – hal yang tak sesuai dengan keinginan dan harapan anda. Namun demikian, tak semua orang memiliki waktu dan tenaga ekstra untuk bisa membangun sendiri rumah idaman tersebut. Sehingga membeli rumah adalah pilihan realistis yang harus mereka ambil dalam bisnis properti.

Nah, bagi anda yang juga menghadapi dilema yang sama seperti di atas, maka ada baiknya jika anda membeli rumah dari developer atau pengembang untuk memperlancar bisnis properti anda tersebut. Memangnya mengapa harus membeli rumah langsung dari pengembang? Alasannya adalah jawaban dari dilema di atas : sebab anda bisa mengikuti proses pembangunan rumah dari awal hingga finishing sehingga anda bisa ikut memastikan apakah rumah yang dibangun sudah sesuai dengan keinginan anda. Berikut ini beberapa tips guna memilih developer handal dan terpercaya, yaitu :

Pilih developer dengan kredibilitas yang mumpuni

Kredibilitas atau tingkat kepercayaan konsumen akan kemampuan dalam membangun properti yang diamanahkan adalah salah satu yang perlu anda analisa ketika hendak memilih developer dalam bisnis properti. Anda bisa menganalisanya dengan melihat internal developer maupun melihat hasil – hasil pekerjaan sang developer. Anda dapat mengamati profesionalitas dari tim developer pilihan anda tersebut. Apakah tim yang ada tersebut bekerja secara profesional dan memiliki skill terkait yang dibutuhkan dalam bisnis properti. Sesekali, anda bisa datang ke proyek yang sedag ditangani oleh pihak developer tersebut dan menilai bagaimana kinerja mereka. Selain itu, anda juga bisa menilai dari hasil pembangunan yang telah diselesaikan. Bagaimana kualitas bangunan yang dihasilkan.

Nah, tingkat kepercayaan ini bisa anda lanjutkan jika telah mantab memilih sebuah developer. Yakni dengan mengikat kejasama antara anda sebagai calon pembeli dengan si developer di mata hukum. Anda bisa meningkatkan kredibilitas si developer dengan menerbitkan Akta Jual Beli atau AJB sebagai bukti kontrak jual – beli yang sah. Selain AJB, Perjanjian Pengikat Jual – Beli atau PPJB juga bisa menjadi jaminan kepercayaan yang bisa anda dapatkan dari sang developer. Jika sejak awal developer ogah – ogahan dalam mengurus AJB dan PPJB tersebut, maka anda pun patut curiga.

Pilih developer yang punya komitmen tinggi terhadap janji – janjinya

Saat awal – awal menawarkan jasanya, banyak developer yang menghujani kita dengan janji – janji manis yang akan direalisasikan ketika kita setuju untuk menjadikan mereka sebagai rekanan. Akan tetapi banyak pula developer yang justru tak menepati janji dan komitmen – komitmennya di awal tersebut. Oleh karenanya, sangat penting bagi anda untuk menilai komitmen yang mereka miliki dalam bisnis properti yang mereka jalankan. Anda bisa melihat komitmen dari developer tersebut dengan menganalisa ketepatan antara janji dan realisasi dari proyek – proyeknya sebelumnya.

Katakanlah dalam proyek pembangunan perumahan sebelumnya, si pengembang berjanji untuk membangun fasilitas – fasilitas umum seperti taman bermain, penerangan jalan, pusat kegiatan warga dan lain sebagainya. Maka anda bisa melihat sendiri, apakah di perumahan tersebut memang dibangun fasilitas – fasilitas yang dijanjikan dan apakah pembangunannya dilakukan dengan baik atau justru hanya dibangun apa adanya. Jika memang sesuai dengan janji – janjinya, maka bisa dipastikan bahwa pengembang atau developer tersebut memang developer yang punya komitmen tinggi.

Membangun rumah dengan bantuan jasa developer akan memudahkan anda untuk bisa menghemat waktu dan tenaga saat proses pembangunan, namun juga bisa mendapatkan keuntungan dengan memastikan rumah yang anda beli sesuai dengan keinginan dan harapan sebagaimana ketika anda membangunnya sendiri. Pilihan ini adalah pilihan yang cukup populer dalam bisnis properti.

Ketika anda memutuskan untuk membeli rumah dari developer bisnis properti, anda harus memastikan developer pilihan anda tersebut adalah developer atau pengembang yang tepat dan terpercaya untuk anda amanahi dalam membangun rumah impian anda. Sebab banyak sekali kasus dimana konsumen justru dikecewakan dan bahkan ditipu oleh developer pilihan mereka. Ada yang membangun rumah tak sesuai kesepakatan awal, melakukan mark up anggaran, hingga membawa lari uang pembayaran dari konsumennya sendiri, untuk menghindari hal yang sama terjadi pada anda, maka ada baiknya jika anda mengikuti beberapa tips memilih developer terpercaya berikut ini. Diantaranya yaitu:

Pilih developer dengan legalitas yang jelas

Developer adalah pihak yang akan membantu kita dalam proses pembagunan rumah. Biasanya rumah di kawasan perumahan adalah rumah yang lazim dibangun oleh pengembang atau developer ini. Nah, karena seluruh proses pembangunan rumah dilakukan oleh pihak pengembang, maka sangat penting bagi anda untuk mengecek segala perangkat legalitas yang dimiliki oleh pihak developer. Mulai dari legalitas internal si pengembang hingga legalitas lahan dan Ijin Mendirikan Bangunan atau IMB yang dipegangnya. Ijin internal developer yakni ijin yang dikeluarkan pemerintah kepada sang developer sebagai C.V. yang bergerak di bidang pembangunan properti. Dalam menjalankan bisnis properti, tentu developer harus mengantongi ijin ini selain juga harus diperkuat dengan akta notaris. Jika developer tak memilikinya, maka anda patut was – was dan memilih developer lain.

Selain memiliki ijin internal, developer juga harus mengantongi legalitas yang dibutuhkan sebelum membangun rumah pesanan anda berupa sertifikat induk. Sertifikat induk tersebut diantaranya yaitu akta tanah yang menjadi lokasi pembangunan serta IMB atau Ijin Mendirikan Bangunan. Sebab masalah terbesar sebelum membangun rumah tentu saja apakah tanah tersebut telah dibebaskan dan tidak sedang dalam sengketa, serta apakah lokasi tanah tersebut mendapat ijin untuk dibangun sebuah bangunan di atasnya. Jangan sampai anda mendapatkan masalah justru setelah rumah terbangun di atasnya.

Pastikan developer tersebut punya track record yang baik

Selain memiliki legalitas, developer pilihan anda juga harus memiliki reputasi yang baik dari konsumen – konsumen yang telah menggunakan jasa nya sebelumnya. Oleh karenanya, anda juga perlu menganalisis apakah developer tersebut memiliki track record yang baik selama melayani konsumen – konsumennya, jangan malu bertanya kepada si pengembang mengenai proyek – proyek pembangunan apa saja yang telah diselesaikannya. Lalu anda bisa mencari tahu apakah proyek – proyek tersebut terselesaikan dengan baik atau justru timbul masalah – masalah yang mengikuti.

Tentunya anda perlu mencari tahunnya dari sumber orang ke-tiga yang lebih dapat dipercaya. Misalnya dengan bertanya kepada teman atau kenalan yang telah memanfaatkan jasa developer. Atau anda juga bisa menemui konsumen sebelumnya dan menanyakan pendapat mereka terhadap pelayanan sang developer. Jika developer tersebut cukup terkenal, maka anda juga bisa mencari track record dan reputasinya dari data internet. Track record yang baik menandakan sang developer menjalankan bisnis properti ini dengan sungguh – sungguh, sehingga mampu menghasilkan bisnis properti yang sama – sama menguntungkan baik untuk developer itu sendiri maupun untuk anda calon konsumen.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.