Tips Meminimalkan Resiko dalam Berbisnis Online

0
12

Ingin menjalankan bisnis yang mudah dan murah? Bisnis online akan menjadi jawaban yang tepat. Saat ini bisnis online telah menjadi sebuah tren baru karena dengan bisnis online maka akan akan mendapatkan tingkat efisien dalam menjalankan bisnis.

Apabila anda ingin memulai sebuah bisnis, anda bisa menjadikan bisnis online sebagai pilihan. Memulai bisnis online tidak serumit bisnis yang lain. Bahkan anda bisa memulai bisnis online tanpa menggunakan modal. Tentu akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis online ini lantaran banyak orang mengurungkan niat untuk menjalankan bisnis dengan alasan kekurangan modal.

Meski modal akan lebih terminimalkan karena anda bisa menerapkan sistem by order, namun bukan berarti bisnis online ini tidak memiliki resiko. Pada dasarnya semua bisnis itu sama, yaitu sama-sama memiliki resiko.

Berapapun nilai modal yang dikeluarkan dalam sebuah bisnis tetap saja bisnis akan menimbulkan resiko. Termasuk bisnis online ini, di dalam menjalankan bisnis online, anda akan menghadapi resiko antara lain kemungkinan tidak dibayar oleh konsumen, resiko barang hilang akibat jasa pengiriman yang tidak tepat mengirimkan barang, kondisi barang rusak di jalan, dan lain-lain.

Hal tersebut akan menimbulkan penambahan pengeluaran biaya sehingga akan mengurangi nilai keuntungan anda. Agar bisnis online anda terkurangi nilai resikonya, perhatikanlah hal-hal berikut ini:

  1. Selalu sertakan bukti dalam melakukan transaksi

Jarak menjadi faktor dalam bisnis online, karena ada bentang jarak maka muncullah peluang untuk menjalankan bisnis online. Memang wajar ketika dalam menjalankan bisnis online, anda tidak akan mengetahui apa yang orang lain lakukan dan orang lain tak akan mengetahui apa yang anda lakukan.

Bisa saja terjadi kecurangan lantaran anda maupun orang lain tidak tahu proses yang telah terjadi. Untuk mengatasi hal itu, anda perlu untuk selalu mengutamakan kejujuran. Dalam bertransaksi, usahakan selalu menyertakan bukti. Misalkan barang yang telah ready untuk dikirim, resi barang yang dikirim, dan lain-lain. Anda pun berhak menuntut bukti kepada konsumen dengan meminta untuk mengikutsertakan bukti transfer.

  1. Beri pelayanan cepat dan sediakan kontak yang valid

Untuk menjalankan bisnis online, anda harus memiliki koneksi internet yang lancar. Hal ini penting untuk menyediakan sebuah pelayanan yang cepat agar pelanggan meletakkan kepercayaan pada bisnis online anda. Selain itu, anda juga harus memberi kontak yang valid agar mudah dalam melakukan komunikasi.

Dengan begitu, konsumen akan senang berbelanja di bisnis online anda. Usahakan untuk tetap waspada pula, anda harus memiliki pelayanan cepat dan kontak yang valid, kemudian anda juga harus mengidentifikasi konsumen yang jujur yang ditandai dengan ketepatan konsumen dalam menyampaikan keinginan. Selalu bersikap baik sembari tetap waspada.

  1. Selalu tangkap layar hasil percakapan dengan konsumen

Anda harus aktif menangkap layar tepat setelah anda melakukan sebuah kesepakatan dengan konsumen. Layar yang telah anda tangkap bisa anda jadikan sebagai sebuah bukti di kala ada seorang konsumen yang mencoba untuk bermain curang. Karena selalu saja ada kasus yang tak jauh dari sikap tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh konsumen. Hal ini tentu saja akan merugikan anda sehingga anda perlu mampu melihat ciri-ciri konsumen yang tidak jujur. Apabila anda telah mampu mencium tanda tersebut, maka anda perlu menghentikan transaksi namun apabila anda terlambat untuk menyadari, gunakan tangkapan layar sebagai sebuah bukti.

Hal tersebut harus anda terapkan ketika anda melakukan bisnis online. Bagaimana pun sebuah bisnis tetap akan mengandung resiko, namun bukan berarti resiko ini tak mampu anda cegah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here