Tips Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami dan Aman

Posted on

“Mencegah lebih baik daripada mengobati,” Anda tentu sudah sering mendengar kalimat tersebut, bukan? Ya, kita adalah manusia biasa yang tidak dapat menolak datangnya suatu penyakit. Namun kita bisa menghindari penyakit tersebut dengan melakukan pencegahan, seperti menerapkan pola hidup yang sehat.

Salah satu jenis penyakit yang berbahaya adalah penyakit jantung. Bahkan, penyakit jantung ini telah menjadi pembunuh nomor satu di sebagian besar negara. Untuk menghindari penyakit jantung, ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai pencegahannya.

menjaga kesehatan jantung

Berikut 6 cara mencegah penyakit jantung:

  1. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh, seperti daging olahan, makanan cepat saji,  jeroan, makanan kaleng, dan makanan berminyak merupakan pemicu penumpukan plak pada dinding pembuluh arteri. Di samping itu, makanan berlemak juga menyebabkan radang arteri dan obesitas.  Sebaiknya gantilah pola makan menjadi lebih sehat dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  1. Pebanyak aktivitas bergerak

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang jarang bergerak dan hanya duduk selama 8 jam berisiko lebih tinggi menderita penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Seorang profesor ilmu olahraga terapan di universitas Chester menyarankan agar duduk dibatasi 2 jam, kemudian diselingi berjalan 30 menit.

Usahakan untuk melakukan olahraga setiap pagi, seperti jogging atau jalan kaki sekitar 30 menit. Berolahraga dapat melancarkan sirkulasi darah, menaikkan kadar kolesterol baik (HDL), dan membakar kalori berlebihan di dalam tubuh. Dengan demikian, kesehatan jantung dapat tetap terjaga.

  1. Hindari kondisi stres yang berlebihan

Keadaan stres yang berlebihan juga menjadi pemicu penyakit jantung. Pada saat seseorang mengalami kondisi stres, maka tubuh akan memproduksi hormon norepinephrine yang memicu kenaikan tekanan darah. Dimana tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama jantung koroner. Selain itu, kondisi stress juga meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol menyebabkan kekakuan pembuluh arteri, sehingga aliran darah ke jantung pun menjadi terhambat. Oleh karena itu, hindarilah stres dengan cara menenangkan pikiran. Seperti melakukan yoga, berekreasi ke tempat-tempat sejuk, dan mendekatkan diri ke Tuhan.

  1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kita tidak pernah bisa menghindari efek radikal bebas, seperti asap kendaraan, paparan sinar matahari, dan asap rokok. Zat radikal bebas akan masuk ke dalam tubuh dan memicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk membantu pengeluaran zat radikal bebas dari tubuh, diperlukan adanya antioksidan. Antioksidan sangat berguna untuk melawan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit jantung. Makanan yang mengandung sumber antioksidan tinggi, yaitu minyak zaitun, jeruk, anggur merah, apel, buah bit, dan brokoli.

  1. Batasi konsumsi makanan tinggi gula

Makanan yang mengandung tinggi gula, seperti gula pasir, soda dan kue manis dapat meningkatkan risiko diabetes yang merupakan pemicu penyakit jantung. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan manis. Sebaikanya gunakan gula rendah kalori untuk konsumsi sehari-hari. Selain itu, anda juga dapat mengganti gula dengan rempah-rempah untuk menambah cita rasa masakan.

  1. Bersihkan gigi dan mulut secara teratur

Sebuah penelitian menuturkan bahwa kesehatan mulut dan gigi mempengaruhi kesehatan pembuluh arteri. Dimana adanya penyakit gusi dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh arteri. Apabila pembuluh arteri mengalami pengerasan, maka aliran darah ke jantung menjadi terhambat. Oleh karena itu, rajinlah merawat kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

 

 

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.