Tips Mendapatkan Diskon Belanja Besar-Besaran

Posted on

Diskon belanja tak ubahnya magnet yang menarik para pembeli untuk datang berebut. Mereka rela berdesak-desakan atau menyempatkan diri di tengah kesibukan yang padat untuk berburu diskon dan mendapatkan harga termurah dari produk-produk tertentu. Kebiasaan dan kecenderungan inilah yang seringkali ‘digunakan’ pihak distributor atau toko untuk meningkatkan angka penjualan dan mempercepat lakunya barang/stock lama. Para distributor tersebut bahkan mengembangkan berbagai cara untuk mengundang sebanyak mungkin pengunjung ke gerainya dengan iming-iming diskon. Tak heran jika kemudian istilah midnight sale, discount all item, cuci gudang, jual rugi dan nama-nama paket diskon lainnya begitu akrab di telinga masyarakat kita.

Sebagai pembeli, Anda tentu juga menyukai sistem kerja diskon belanja karena Anda bisa membeli barang berkualitas dengan harga miring. Jika Anda sering menyalurkan kesukaan tersebut, Anda tentu telah ‘dididik’ oleh kebiasaan bahwa berlaku beberapa aturan dan ketentuan dalam setiap program diskon sehingga pembeli dituntut untuk cerdas dan selektif agar tidak terkena jebakan diskon belanja. Namun demikian, hal tersebut tidaklah cukup sebab Anda juga harus ‘bersaing’ dengan pemburu diskon lain dalam mendapatkan informasi-informasi terbaru tentang promo-promo dan berbagai diskon yang akan atau tengah berlangsung.

Agar Anda tidak ketinggalan informasi dan bisa menjadi early bird dalam berburu diskon, berikut adalah kiat-kiat yang bisa Ada gunakan.

  • Bergabung dengan Komunitas

Jika Anda adalah pengguna aktif internet atau smartphone, Anda tentu memiliki akun sosial media. Gunakan akun Anda tersebut untuk menemukan kerabat, teman atau orang lain yang belum Anda kenal di dunia nyata namun memiliki kecenderungan dan kesukaan sama dalam berburu diskon. Untuk mengetahuinya, Anda tentu tidak perlu melakukan investigasi mendalam. Cukup gunakan fitur search di laman media sosial yang Anda miliki dan pilihlah kata kunci yang familiar, seperti berburu diskon dengan spesifikasi kota, jenis produk, toko atau pusat perbelanjaan, merk dan lain sebagainya. Selain mencari teman dengan kecenderungan dan hobi yang sama, Anda juga bisa menemukan komunitas pemburu diskon online (lokal) yang tak jarang banyak ditemui belakangan.

  • Meninggalkan Kontak di Customer Service

Ketika Anda mengunjungi sebuah gerai atau toko, umumnya toko yang di-support sebuah brand atau beberapa brand tertentu, tanyakan pada pramuniaga atau kasir mengenai periode diskon yang umum berlaku di toko tersebut. Tak jarang, Anda akan diminta meninggalkan nomor kontak agar bisa lebih mudah dikirimi informasi jika toko atau gerai tengah menggelar periode diskon belanja. Dengan demikian, Anda tidak akan ketinggalan informasi mengenai diskon-diskon yang menggiurkan dan bisa menjadi pengunjung pertama yang dapat memilih produk-produk dengan harga miring.

  • Berlangganan Informasi Online

Ketika berselancar di internet, carilah situs-situs perbelanjaan online dan perhatikan seberapa sering—dan seberapa masuk akal—mereka menawarkan diskon belanja kepada pengunjungnya. Jika Anda menemukan situs belanja yang memang ‘tulus’ memberi diskon dan terpercaya, jangan ragu memberikan alamat surat elektronik (email) Anda sehingga Anda bisa langsung mendapat informasi akurat setiap kali ada periode diskon belanja di situs tersebut.

  • Rajin Mencari Informasi

Informasi dari media-media lokal juga akan sangat membantu Anda menjadi yang terdepan dalam berburu diskon. Sempatkanlah mendengarkan radio lokal, terhubung dengan media-media lokal atau membaca surat kabar harian lokal yang umumnya akan memuat iklan mengenai toko-toko di sekitar Anda yang tengah menggelar periode diskon.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.