Tips Mendapatkan Hidup Sehat Sejak Dini Hingga Usia Tua
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Tips Mendapatkan Hidup Sehat Sejak Dini Hingga Usia Tua

Tips Mendapatkan Hidup Sehat Sejak Dini Hingga Usia Tua

Sehat merupakan satu kata yang sulit didapatkan ketika anda jatuh sakit. Tidak semua orang mampu mengeluarkan ongkos untuk mengembalikan bugar diri seperti sedia kala. Padahal, banyak penyakit yang seharusnya tak perlu anda alami, namun kenyataannya anda masih terkungkung oleh penyakit yang seharusnya dapat anda cegah.

Untuk menciptakan hidup yang sehat tak perlulah merogoh kantong dalam-dalam ketika harus membeli obat, atau harus mendekam di rumah sakit karena penyakit yang sebenarnya tak perlu anda alami. Kecenderungan manusia sakit timbul karena pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup sehat akan membuat keseimbangan luar biasa pada diri seseorang. Modal dasar hidup sehat itu mudah. Anda hanya perlu pengetahuan dan kesungguhan.

Pengetahuan tentang hidup sehat perlu anda kuasai, materi pengetahuan tentang hidup sehat dapat anda peroleh melalui media masa, majalah, buku, tabloid, atau seminar-seminar kesehatan. Berperilaku hidup sehat dan mengelola ilmu sehat yang anda peroleh adalah salah satu modal dasar untuk menjadi sehat. Selain itu, investasi juga sangat penting sebagai penunjang kesehatan anda dari dalam. Investasi ini tak hanya berupa uang untuk menghadapi hal yang tidak menyenangkan –sakit- terjadi pada anda, investasi ini berupa imunisasi.

Setiap orang tua tentu mengharapkan kesehatan yang terbaik bagi anak mereka. Investasi kesehatan dapat anda mulai sekarang. Untuk membentuk keluarga sehat tentu dimulai dari seorang ibu. Memberikan ASI kepada bayi anda juga merupakan investasi jangka panjang. Bayi yang sekurang-kurangnya mengkonsumsi ASI eksklusif selama 6 bulan akan tumbuh lebih kuat dan sehat dibanding dengan bayi yang tidak mengkonsumsi ASI. Hal serupa juga terjadi pada bayi yang imunisasinya tidak sempurna.

Imunisasi dan ASI merupakan investasi yang perlu ditanamkan setiap orang tua kepada anak. imunisasi dan ASI selain membantu tumbuh kembang anak, juga akan menghindarkan anak dari serangan penyakit yang tidak perlu dialami. Asupan gizi sempurna sejak bayi dalam kandungan akan membentuk tubuh kokoh dengan sistem imun tinggi. kini pihak medis meyakini bahwa pemberian imunisasi saat bayi masih dikandungan hingga bayi lahir akan menciptakan generasi sehat yang unggul, program ini disebut dengan foetal programming.

Orang tua juga harus memperhatikan fisik anak. apakah tubuh anak ideal, gemuk atau kurus. Sedapat mungkin, orang tua harus mencegah tubuh anak menjadi gemuk. Memang gemuk tak selamanya tak sehat namun, tubuh gemuk merupakan tempat menabung penyakit di dalamnya. Kegemukan sejak dini akan membentuk pola tubuh yang sulit dikoreksi ketika anak beranjak dewasa. Hal ini disebabkan karena tubuh gemuk memiliki ukuran sel-sel tubuh yang besar dan jumlahnya pun di atas normal.

Makan dengan benar adalah salah satu tren untuk dapat hidup sehat. Makan dengan benar bukan berarti dengan nafsu, anda pasti tahu maksud kalimat tersebut. Makan dengan memenuhi nafsu akan membuat pola hidup menjadi tidak sehat. Apalagi makanan modern sekarang seperti fast food cenderung memiliki kadar kalori dan lemak yang tinggi. Menu makanan berkalori tinggi diperoleh dari minyak, gajih, lemak, dan gula. Fast food, junk food, dan camilan yang dikonsumsi terlalu sering dapat menyebabkan timbulnya kadar lemak dalam darah yang tinggi. kondisi tersebut akan menyebabkan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah (atheroscalerosis). Jika hal ini terjadi, akan menyebabkan penyakit berbahaya seperti jantung, otak, ginjal, dan organ lain.

Proses penumpukan lemak pada dinding darah tidak hanya sekali terjadi. Setiap konsumsi makanan berkalori tinggi dan makanan berkadar lemak tinggi akan memupuk sedikit demi sedikit penumpukan lemak pada dinding darah. Coba pikirkan, jika setiap tahun kadar lemak dalam dinding darah bertambah 2 persen saja, dalam waktu 25 tahun lemak tersebut akan menyumbat separuh lumen pipa pembuluh darah, dan berujung kehilangan nyawa. Hal ini dapat dicegah dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tak hanya sekedar rajin berolah raga dan konsumsi makanan sehat, menjaga kestabilan emosi juga merupakan sarana yang dapat membuat hidup anda sehat. Orang yang tingkat stresnya rendah daya imun tubuhnya akan meningkat karena hormon bahagia dari jiwanya.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *