Tips Menggunakan Eyeliner dan Maskara

Posted on

Mata adalah salah satu bagian dari wajah yang dapat memberikan daya tarik tersediri pada tiap-tiap orang. Penggunaan make-up pada mata sangat penting untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih cantik. Jenis make up mata yang sering digunakan adalah eyeliner dan maskara.

Eyeliner adalah jenis make up yang berguna untuk mempertegas garis mata. Sedangkan maskara berfungsi untuk memperlentik dan menebalkan bulu mata. Biasanya penggunaan eyeliner dan maskara disesuaikan dengan bentuk mata.  Ada yang menggunakan eyeliner secara tipis-tipis dan ada pula yang tajam.

Maskara sendiri terdiri dari beberapa jenis tipe, sesuai dengan fungsinya. Ada thickening mascara yang berguna untuk mempertebal bulu mata, curling mascara untuk memperlentik bulu mata, dan lengthening mascara untuk memberikan kesan bulu mata yang panjang.

Eyeliner dan maskara digunakan untuk mempercantik wajah. Namun apabila pemakaiannya salah, malah memperburuk pernampilan. Sebenarnya penggunaan eyeliner dan maskara tidaklah susah. Jika anda sudah mengetahui teknik pemakaiannya, maka anda dapat menerapkannya dengan mudah.

Nah, berikut tips penggunaan eyeliner dan maskara:

Cara menggunakan eyeliner:

  1. Pertama anda harus memutuskan jenis eyeliner apa yang akan digunakan, apakah eyeliner pensil atau eyeliner cair.
  2. Gunakan eyeliner dimulai dai bagian atas kelopak mata.
  • Eyeliner cair: Untuk pemakaian eyeliner cair, anda harus menggunakan kuas. Pastikan kuas bersih dan tidak ada gumpalan apapun. Aplikasikan dengan menarik garis lurus dari bagian dalam kelopak ke ujung bagian luar kelopak mata. Jika anda kesulitan saat menarik garis lurus, anda dapat membuat titik di sepanjang garis kelopak mata, kemudian tarik menjadi garis lurus.

*Sebagai saran, untuk kelopak mata bagian atas, sebaiknya gunakan eyeliner cair yang berbentuk waterproof agar lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.

  • Eyeliner pensil: Untuk pemakaian eyeliner pensil lebih mudah daripada eyeliner cair. Tarik garis lurus dari ujung bagian dalam ke ujung bagian luar kelopak mata. Agar pemakaiannya lebih mudah, anda dapat menarik kelopak mata ke atas sehingga garis eyeliner menjadi lebih lurus.
  1. Selanjutnya, ulangi pemakaian eyeliner, mulailah dari bagian tengah hingga ke ujung luar kelopak mata.
  2. Terakhir, gunakan eyeliner pada bagian bawah kelopak mata. Untuk pemakaian di bawah mata, sebaiknya gunakan eyeliner pensil. Caranya:
  • Tarik ujung kelopak mata bagian bawah dengan tangan agar pemakaian eyeliner lebih mudah
  • Bukalah mulut agar otot-otot mata menjadi lebih rileks
  • Pastikan untuk membersihkan ujung pensil eyeliner dengan kapas adar pensil lebih steril dan lembut.
  • Tariklah garis lurus dari bagian dalam kelopak mata ke ujung luar kelopak mata.

Setelah penggunaan eyeliner, anda dapat mengaplikasikan maskara pada bulu mata. Cara pemakaian maskara sebagai berikut:

  • Pertama, anda dapat mengaplikasikan mascara berwarna putih dari arah pangkal dalam ke bagian luar bulu mata
  • Selanjutnya gunakan maskara hitam dari bagian bawah ke atas bulu mata. Ulangi pemakaian berkali-kali hingga bulu mata terkesan tebal dan lentik.

***

Sekali lagi hal yang perlu diingat, mata merupakan aset yang berguna bagi para wanita. Oleh karena itu penting untuk mnegetahui cara penggunaan make up pada mata agar dapat tampil lebih cantik dan menawan. Dengan mempelajari pemakaian eyeliner dan maskara benar, maka polesan make up akan terlihat lebih sempurna.

Demikianlah tips menggunakan eyeliner dan maskara pada mata. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.