Tips Menjaga Kesehatan Rambut Setelah Melakukan Olahraga

0
50

Bagi mereka yang meyadari akan pentingnya kesehatan, olahraga merupakan aktivitas yang perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Saat berolahraga pun dapat menjadi saat rekreasi yang menyenangkan terutama apabila kita tetap dapat menjaga keindahan rambut selama dan setelah melakukan latihan.

Namun sayangnya keringat yang bercucuran pada saat kita sedang berolahraga, seringkali menjadi cara terbaik untuk mengacaukan tatanan atau penampilan indah rambut anda.  Alangkah baiknya bila terdapat metode untuk mendapatkan kesehatan dengan tanpa mengabaikan keindahan rambut yang merupakan aset utama pendukung penampilan anda bukan?. Untuk itu tak perlu cemas, berikut beberapa trik yang dapat anda terapkan bila anda ingin menjaga rambut tetap indah pada saat anda keluar dari arena olahraga sebagaimana saat anda baru memasuki arena tersebut:

Gunakan Dry Shampo

Sudahkah anda mengetahui tentang dry shampo? Dry shampo dapat dikatakan sebagai shampo kering yang penggunaannya tidak memerlukan pembilasan. Nah dry shampo ini merupakan solusi untuk rambutmu tetap bersih dan tampak segar walaupun engkau sedang malas berkeramas dengan air. Terutama saat sebelum berolahraga sebaiknya hindari membasahi rambut  dengan air, karena rambut yang basah akan bercampur dengan keringat sehingga menyebabkan rambut menjadi berbau tidak sedap. Formula dry shampo juga akan menyerap keringat dan minyak dari kulit kepala anda. Gunakan dry shampo sebelum berangkat dan sepulang dari berolahraga untuk menjaga kulit kepala anda dari kemunculan keringat.

Tempatkan rambutmu keatas

Kattia solano, pemilik Butterfly studio salon di New york, US, memberikan arahan bagaimana cara membuat gaya rambut yang tepat untuk malakukan aktivitas seperti berolahraga.  Langkah pertama bagilah rambutmu menjadi dua bagian, sisakan sedikit bagian bagian pertengahan dan biarkan terurai kebawah. Kemudian kedua bagian tadi putarlah satu sama lain, setelah itu angkatlah keatas membentuk sebuah sanggul dan sematkan klip rambut untuk mempertahankannya. Jenis style rambut yang longgar ini mungkin akan menyisakan beberapa helai rambut berjatuhan disekitar wajahmu. Namun dengan cara ini keringat dapat menguap atau jatuh melalui helai-helai rambut. Perlu diingat jangan mengikat rambutmu dalam bentuk ekor kuda untuk berolahraga karena akan menyebabkan keringat  terperangkap pada kulit kepala, sehingga kulit kepala menjadi kotor dan rentan berketombe.

Pakailah bando

Memakai bando kain yang dapat menyerap keringat akan membantu menjaga rambut indahmu selama berolahraga. Meskipun bagian wajah, leher dan bagian tubuh yang lain tetap berkeringat, cara ini akan mencegah keringat berlebihan pada bagian rambut. Bando akan bekerja menyerap keringat dari bagian dahi dan belakang lehermu sehingga kulit kepalamu tidak akan terlalu panas karena keringat.

Minimalkan penggunaan hair product

Penggunaan hair product semacam gel atau minyak rambut yang berlebihan saat sebelum olahraga adalah sebuah kesalahan yang sebaiknya dihindari. Penggunaan sedikit saja tidak menjadi masalah, namun apabila terlalu berlebihan sehingga menyebabkan kulit kepala berminyak, maka hal ini akan menyebabkan rambut lebih mudah berkeringat. Keringat yang bercampur dengan minyak akan membuat rambutmu menjadi lebih cepat kotor dan menjadi lepek.

Jauhkan dari sentuhan tangan

Tanpa kita sadari terkadang kita memiliki kebiasaan menyentuh rambut, mungkin secara otomatis, atau dengan maksud  merapikannya. Mulai saat ini cobalah menghindari kebiasaan tersebut. Terlalu sering menyentuh rambut terutama pada saat berolahraga akan dapat menyebarkan keringat dari kulit kepala keseluruh area rambut. Tak hanya itu, kebiasaan menyentuh rambut juga akan menstranfer debu dan kotoran dari telapak tangan menuju rambutmu.

Itulah beberapa trik untuk anda terapkan apabila hendak berolahraga. Tetap tampil dengan rambut indah selama berolahraga? Kenapa tidak?!.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here