Tips Menjaga Kesehatan Rambut Wanita Secara Alami

Posted on

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Namun anda pasti bimbang ketika mendapati rambut anda rontok. Tenang saja, rambut anda normal apabila rontok sekitar 50-100 helai tiap harinya karena ada sekitar 100.000 helai rambut yang tubuh di kepala yang terus tumbuh tiap helainya dalam jangka waktu 1-6 tahun.

Biar bagaimanapun indahnya rambut anda, namun bila tidak dirawat ujung-ujungnya akan menjadi masalah. Mahkota yang bertengger diatas kepala tidak akan mempesona jika tampil acak-acakan, bercabang, pecah-pecah, dan tak terawat rapi. Rambut yang indah tidak harus secantik rambut-rambut bintang iklan shampoo di televisi.

Trend masa kini menunjukkan bahwa kategori rambut cantik tak hanya rambut panjang, lurus, dan hitam berkilau. Rambut bergelombang dan rambut keriting mulai digemari saat ini, apalagi model potongan gaya rambut juga lebih bervariasi ketimbang dulu.

Jadi anda tak perlu bingung jika anda mempunyai rambut bergelombang atau keriting, anda tetap bisa tampil cantik alami dengan anugerah yang telah Tuhan berikan. Perawatan tepat dan usaha maksimal adalah salah satu kunci untuk mendapatkan rambut cantik nan sehat.

Secara fisik, rambut normal yang sehat adalah rambut yang hitam pekat atau warna rambut orang asia asli, kuat dari akar hingga ujung, tidak mudah rontok saat disisir,tidak mudah patah, tidak pecah-pecah dan bercabang, serta bebas dari penyakit rambut. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar rambut anda sehat dan cantik karena tak salah perawatan.

Kenali jenis rambut

Pada dasarnya jenis rambut dikategorikan sama seperti jenis kulit yakni rambut berminyak, rambut kering, dan rambut kombinasi. Rambut berminyak juga dibagi menjadi dua kategori lagi, yakni rambut berminyak yang mulai dari akar hingga ujung dan yang beriminyak dari akar namun kering di ujung. Rambut kering biasanya mudah rusak, patah, dan bercabang. Namun tak jarang juga ditemukan jenis rambut yang meski kering namun kuat. Dengan mengenali jenis rambut anda, anda akan dapat mengetahui bagaimana cara terbaik yang cocok untuk merawat rambut anda.

Penyakit rambut

Berbagai jenis penyakit rambut kerap kali datang tanpa permisi namun tak segera pergi jika tak diusir. Penyakit rambut seperti ketombe, rontok, dan kutu adalah penyakit rambut yang umum dijumpai. Untuk membasmi penyakit rambut ini anda harus rajin membersihkan rambut, minimal sekali seminggu menggunakan shampoo, atau dua kali seminggu jika anda melakukan pekerjaan out door yang cukup sering.

Perawatan rambut yang berpenyakit juga harus lebih intensif dan disesuaikan dengan jenis rambut agar tidak memperparah kerusakan rambut. Untuk mengatasi rambut rontok, anda dapat melakukan perawatan dengan menggunakan suplemen nutrisi rambut, pelembab rambut, shampoo anti rontok, dan juga kondisioner.

Hindari juga pemakaian blow dan hair dryer yang dapat menghilangkan kekuatan rambut dan menyebabkan rambut menjadi kering. Sedangkan untuk rambut berketombe anda dapat menggunakan shampoo khusus anti ketombe. Usahakan untuk tidak menggaruk rambut, selain karena dapat membuat ketombe terlihat juga dapat melukai kulit kepala sehingga menimbulkan koreng.

Salah satu pemicu munculnya ketombe adalah proses pembilasan shampoo yang tidak bersih, busa shampoo yang tertinggal di kulit kepala akan menjadi kotoran dan menimbulkan ketombe. Sedangkan untuk rambut berkutu, anda bisa mengoleskan secara merata ke permukaan kulit kepala obat khusus kutu rambut.

Penggunaanya juga mudah, anda hanya perlu mengoleskan secara merata obat kutu rambut ke seluruh permukaan kulit kepala hingga ke ujung rambut untuk memusnakna telur-telur kutu juga, kemudian pakai handuk atau penutup kepala agar obat bereaksi cepat, diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hingga bersih, dijamin kutu rambut anda akan berkurang dan hilang.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.