Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpergian

0
46

Artikel Kesehatan – Kesehatan menjadi sebuah kebutuhan paling pokok bagi manusia, karena segala aktivitas manusia memerlukan energy, yang mana didapatkan dari jasmani yang sehat, sehingga disaat Penyakit sering sekali menjangkit manusia maka produktifitasnnya menjadi tidak maksimal. Maka dari itu kesehatan sangat perlu dijaga demi kelancaran segala aktivitas manusia.

Begitu pula ketika liburan panjang tentu banyak orang menginginkan untuk berpergian atau berlibur demi menyegarkan pikiran dari rutinitas dan beban pekerjaan yang sering membuat stress. dan juga melepaskan rindu dengan orang-orang tercinta atau keluarga di tempat berlibur.

Namun perjalanan menuju ketempat tujuan menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang. Selain karena kemacetan lalu lintas, juga beragam penyakit yang siap menghampiri disaat perjalanan. Oleh karena itu menjaga kesehatan demi kelancaran didalam berpergian/liburan sangat penting, sehingga dibutuhkannlah tips yang tepat demi menjaga kesehatan tersebut, adapun tipsnya sebagai berikut:

Istirahat yang cukup

Banyak kecelakaan terjadi disaat liburan, dimana kecelakaan terjadi lebih banyak disebabkan factor mengantuk saat menyetir, hal tersebut menjadi perhatian yang sangat serius bagi yang ingin berlibur sehingga perjalanan menjadi kenangan yang baik bukan menjadi musibah maka dari itu istirahat yangcukup sangat diperlukan dengan tidak tidur hingga larut malam saat sebelum hari keberangkatan. Atau meluangkan waktu satu atau dua jam untuk tidur sebelum berangkat.

Membawa Obat-Obatan

Obat–obatan menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena sangat membantu didalam perjalanan ketika terserang penyakit. Adapuan bekal obat-obatan yang harus dibawa diantaranya:

Obat Anti mabuk

Mabuk kendaraan merupakan masalah yang paling umum terjadi, khususnya bagi anak-anak, yang mana sering terjadi baik ditransportasi darat (keadaan yang macet dan jalanan berkelok-kelok), laut dengan guncangan ombaknya dan udara dengan trubulensinnya.

Obat Masuk Angin

Dalam melakukan perjalanan rasa mual,ingin muntah dan kepala pusing sering terjadi disaat perjalanan jauh. ditambah lagi perut yang kosong sehingga menjadikan perjalanan tidak menyenangkan.

Obat Sakit Perut

Obat sakit perut bisa berupa obat diare dan maag, karena disaat perjalanan, sakit perut karena diare menyebabkan perjalanan tidak menyenangkan, sehingga harus mencari toilet disaat perjalanan maka dari itu persiapan obat sakit perut perlu diperhatikan.

Obat Luka

Fungsi obat luka di sini lebih ke arah antiseptik, yaitu membersihkan luka dari aneka kuman. Diantaranya rivanol, betadine, dll. namun yang perlu diingat tidak dibolehkan membawa alkohol Karena alkohol tidak hanya akan menjadi antiseptik tapi sekaligus akan merusak sel atau jaringan sekitarnya. Yang mana menyebabkan penyembuhan luka menjadi lebih lama.

Obat gosok

Fungsi dari obat gosok, dapat membantu ketika sakit perut, sakit kepala atau gatal karena digigit serangga. Tinggal dioleskan, langsung terasa hangat dikulit. Bahkan, obat gosok ini bisa juga dijadikan alternatif untuk pengganti obat masuk angin, contohnya minyak kayu putih. Adapun caranya tinggal diberi beberapa tetes obat gosok tersebut dengan air putih,

Obat Sakit Kepala

Obat sakit kepala membantu ketika dalam keadaan seseorang terjangkit migren atau selama dalam perjalanan mengalamai sakit kepala secara mendadakl sehingga perjalanan tidak lagi menyenangkan ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika sakit kepala diantaranya mencoba tidur sejenak agar bisa membantu mengurangi sakit kepala, atau pijatan ringan di kepala dengan menggunakan obat gosok juga dapat membantu meringankan sakitnya

Sedia Air Putih

Kebutuhan tubuh akan cairan sangat penting dalam memelihara keseimbangan serta proses metabolisme tubuh, namun apabila cairan dalam tubuh kurang akan mengalami gangguan seperti dehidrasi sehingga Air memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan.
Adapun khasiat yang dihasilkan air putih untuk tubuh manusia diantarnya 1) mempertahankan keseimbangan cairan tubuh. 2) Membantu mengendalikan kalori. 3) membantu membangkitkan otot.4) Membuat kulit tetap bercahaya. 5) Memelihara fungsi ginjal. Dan 6) mempertahankan fungsi normal usus.

Makanan dan minuman

Makanan dan minuman merupakan hal yang sangat rentan masuknya penyakit sehingga disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri atau mencari tempat makan yang bersih dan higienis serta ketepatan waktu makan juga harus terjaga dan jangan makan terlalu berlebihan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menjaga kesehatan menjadikan segala aktivitas khusunya disaat berpergian atau berlibur menjadi hal yang sangat menyenangkan karena segala sesuatu sudah dipersiapkan terlebih dahulu, mulai dari, fisik, obat, maupun perlengkapan yang dibutuhkan sehingga keselamatan dan kesehatan tetap terjaga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here