Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Buah
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Buah-Buahan

Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Buah-Buahan

Artikel Kesehatan – Penyakit kolesterol tinggi seringkali menghantui manusia. Pasalnya banyak orang terserang penyakit kolesterol tinggi namun tidak tahu harus berbuat apa karena baru diketahui pada saat penyakit sudah akut. Hal ini tentu sangat menghawatirkan terlebih lagi penyakit kolesterol tinggi bisa menjadi pembunuh nomor satu seperti halnya penyakit jantung koroner. Padahal untuk mengobati penyakit kolesterol tinggi tidaklah sulit. Meskipun pada hakekatnya mencegah tetap lebih baik dibandingkan mengobati kolesterol tinggi.

Ada banyak cara yang mudah dan murah untuk sehat dan terhindar dari penyakit kolesterol tinggi. Di antara cara untuk menurunkan kolesterol tinggi ialah dengan buah-buahan. Di dalam buah-buahan terdapat berbagai jenis obat bagi segala penyakit. Namun demikian anda harus tetap mengetahui jenis buah apa saja yang dapat mengobati kolesterol tinggi.

Berikut ini adalah beberapa buah-buahan yang bisa mengatasi kolesterol tinggi dalam darah.

  • Manfaat Buah anggur

Buah anggur atau vitis vinivera memiliki khasiat yang luar biasa tinggi. Kulit anggur mengandung zat phytochemical yang disebut dengan resveratrol yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Di samping itu zat yang terdapat pada kulit anggur itu pun mampu menjadi zat anti kanker, anti bakteri, serta mengandung antioksidan yang tinggi. Buah anggur juga sangat kaya kandungan pektin. Zat pektin dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol serta mampu mengatasi terjadinya penyumbatan aorta.

Anggur merah dan coklat kehitaman juga sangat kaya akan flavonoid. Zat tersebut sangat berperan sebagai antioksidan untuk membasmi radikal bebas. Anggur dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Salah satunya ialah dengan menjadikannya jus. Jus anggur mampu menurunkan LDL dari dalam tubuh. Kadar gula yang sangat tinggi pada anggur mampu menghasilkan energi untuk tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Anggur diyakini mampu meningkatkan energi dalam tubuh dalam waktu yang relatif cepat. Akan tetapi bagi mereka yang memiliki penyakit komplikasi diabetes, buah anggur tidak dianjurkan menjadi bagian dari terapi.

  • Khasiat Buah apel

Buah apel atau Malus Pumila Mill juga merupakan buah yang mampu mengatasi penyakit kolesterol tinggi. Buah apel juga mengandung pektin yang mampu menangkal berbagai penyakit. Salah satu manfaat buah apel adalah menurunkan LDL. Pektin merupakan serat makanan yang larut air yang terdapat pada kulit buah-buahan sebagaimana buah apel. Pada proses pencernaan, pektin akan mengikat kolesterol yang mampu menyumbat pembuluh darah serta mengeluarkannya bersama kotoran (feses). Fungsi pektin lainnya adalah meningkatkan kadar HDL.

Buah apel juga banyak mengandung betaglucan. Betaglucan merupakan zat yang berperan penting sebagai pengontrol peyerapan serta produksi kolesterol. Buah apel juga mengandung banyak vitamin C, kalium yang tinggi dan gula yang rendah. Kandungan yang bermanfaat tersebut menjadikan buah apel sangat cocok dijadikan makanan diet bahkan bagi penderita diabetes dan hipertensi. Dengan mengkombinasikan buah apel dan bayam akan mampu menghasilkan campuran laktatif sebagai pencuci perut. Sehingga cairan tersebut akan berperan melepaskan kotoran yang sudah lama berada pada usus.

  • Manfaat Buah alpukat

Buah alpukat sangat terkenal dengan rasanya yang nikmat. Namun buah ini seringkali dijauhi karena dipercaya memiliki kadar lemak yang tinggi di antara buah-buahan lainnya. Padahal buah alpukat sebenarnya tidak membuat gemuk. Kalori yang terkandung pada buah alpukat tidaklah tinggi bahkan kandungan asam lemak oleatnya sangat berkhasiat sebagai obat.

Lemak oleat mampu menyingkirkan sebagian besar lemak jenuh yang berlebihan dalam darah. Lemak jenuh merupakan lemak yang memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis.

Lemak yang terkandung pada buah alpukat juga mampu menyeimbangkan kadar kolesterol dengan cara menurunkan LDL serta meningkatkan HDL. Di samping itu kandungan asam pantotenat atau vitamin B5 dalam alpukat juga mampu berperan sebagai peredam kadar kolesterol dalam darah. Asupan asam pantotenat akan diubah menjadi pantetin. Sehingga kadar LDL akan menurun. Begitu pula sebaliknya HDL akan semakin meningkat. Buah alpukat juga memiliki antoksidan yang kuat yang terdiri dari pro vitamin A, C dan E. ketika vitamin tersebut berfungsi sebagai penumpas radikal bebas sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dari kerusakan sel.

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *