Tips Personal Branding Menggunakan Media Sosial - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Teknologi / Tips Personal Branding Menggunakan Media Sosial

Tips Personal Branding Menggunakan Media Sosial

Pencitraan, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan fenomena yang sedang marak saat ini. Pencitraan seringkali dilakukan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan perhatian lebih dari orang lain. Manfaatnya adalah untuk membangun jati diri di mata orang supaya orang lain lebih mengenalnya. Untuk melakukan pencitraan tersebut diperlukan personal branding atau pencitraan diri.

personal branding

Personal branding bukan hanya berlaku bagi orang yang memiliki jabatan tertentu. Akan tetapi personal branding dapat dilakukan oleh semua orang dan semua kalangan. Baik itu menteri, pejabat, guru, pedagang, guru, murid, penjual sayuran hingga penjual rongsokan. Tujuannya agar anda lebih dekat dengan orang lain.

Saat ini untuk melakukan personal branding tidaklah begitu sulit. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat tentu membuat personal branding semakin mudah dilakukan. Terlebih saat ini pun berbagai platform digital sudah dimiliki oleh setiap personal. Hal ini tentu akan memudahkan anda dalam melakukan pencitraan.

Personal branding memang belum menjadi salah satu pilihan utama bagi orang. Banyak yang belum menyadari betapa pentingnya personal branding. Padahal, mayoritas pengguna handphone android saat ini sudah sadar akan pentingnya media sosial. Namun, kesadaran tentang personal branding belum begitu dilaksanakan. Dan untuk melakukan pencitraan atau personal branding melalui media sosial, paling tidak ada beberapa tips yang harus anda lakukan, sebagai berikut:

  • Share Data Diri Anda dengan Jujur

Personal branding membutuhkan sikap yang jujur. Sebab, tujuan dari personal branding adalah memperkenalkan jati diri anda. Tentu tidak lazim apabila anda menulis data palsu di jejaring sosial. Semakin banyak data diri yang anda upload atau share di media sosial maka orang lain akan semakin mengenal diri anda.

Selain data lengkap diri anda, sebaiknya anda pun mengupload hasil portofolio, hasil karya, atau segala keterangan pendukung yang mampu memperkuat spesialisasi anda. Tujuan dari menshare data itu semua adalah agar orang lain tahu bahwa anda benar-benar orang yang berkualitas.

Lalu bagaimana dengan personal yang bergerak di bidang bisnis?. Sebenarnya tidak jauh berbeda. Dalam hal ini yang anda perlukan adalah lebih mengedepankan detail produk yang anda jual. Misalkan, anda berbisnis di bidang pakaian. Maka yang perlu anda share di media sosial adalah data lengkap produk yang anda jual tersebut. Mulai dari bahan, detail hingga harganya juga. Hal ini akan membuat calon pembeli yakin terhadap produk yang anda jual.

  • Manfaatkan Media Sosial Sebanyak Mungkin

Untuk membangun personal branding tentu tidak cukup dengan satu media sosial. Misalnya, anda fokus mengembangkan personal branding menggunakan platform facebook. Media facebook perlu juga anda dukung dengan menggunakan twitter, instagram, pinterest, google+, bahkan jika perlu anda membuat video tentang diri anda dan mengupload di Youtube.

Semakin banyak media sosial yang anda gunakan dan menjelaskan siapa diri anda sebenarnya maka semakin banyak orang pula yang akan mengenal anda. Sehingga orang lain akan lebih mudah menerima informasi yang anda bagikan nantinya.

  • Berkomunikasi Dengan Orang Lain

Tujuan dari media sosial adalah mempermudah berkomunikasi atau berinteraksi. Begitu pula dalam hal personal branding. Ketika orang sudah banyak yang tahu tentang diri anda maka langkah selanjutnya ialah berkomunikasi dengan mereka. Sikap berdiam diri tentu sangat tidak disukai oleh sebagian besar orang. Terlebih jika di jejaring sosial atau sosial media hal yang harus anda kembangkan pertama kali adalah berinteraksi dengan mereka. Supaya lebih ada kedekatan maka anda pun harus menerima kritik dan saran dari mereka. Hal inilah yang paling utama harus dilakukan oleh seorang yang sedang mengembangkan personal branding melalui media sosial.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *