Tips Sederhana Menjalani Cara Hidup Sehat

0
41

Gaya hidup sehat sebaiknya mulai dilaksanakan semanjak dini. Hal ini perlu karena terbukti banyak kalangan masyarakat malas dan gagal untuk melakukan pola hidup sehat karena mereka menganggap cukup susah dan menyulitkan. Padahal jika diteliti secara detail dan dimulai dari hal-hal yang sederhana mudah untuk dilaksanakan tanpa harus dari hal yang terlalu memberatkan.

Di sekitar kita, banyak cara dan proses yang menggunakan sistem gaya hidup sehat. Tanpa disadari kita selalu melakukannya setiap hari bahkan setiap waktu. Berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat dan dijadikan kebiasaan, antara lain:

  1. Pembatasan Mengkonsumsi Gula

Gula memiliki rasa manis yang memang lebih enak dan menarik di lidah. Entah diaplikasikan untuk dikonsumsi pada teh, kue maupun sirup. Sebaiknya kurangi segera untuk mengkonsumsi gula yang memiliki damapak resiko penyakit diebetes, obesitas dan jantung. Selain itu dengan mengkonsumsi gula yang berlebih akan mengakibatkan kulit cepat keriput. Molekul yang terkandung dalam gula merusak kolagen dan komponen utama yang memelihara kulit agar lebih tetap kenyal dan muda.

  1. Biasakan Naik Tangga

Bagi kalangan yang bekerja di kantor atau perushaaan, kebiasaan naik tangga bukan dengan eskalator lebih menyehatkan bagi tubuh. Jika hal ini dibiasakan dan menjadi rutinitas maka akan menurunkan berat badan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, naik turun tangga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dan perandangan otak yang tinggi. Meminimalisir serangan jantung dan stroke.

  1. Menu Makan Siang Bersama Sayuran

Apabila menu makan siang diperbanyak untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dibanding dengan daging, nasi dan telur maka akan lebih menyehatkan karena dapat mengurangi berbagai penyakit yang serius. Selain itu dengan rutin mengkonsumsi sayuran maka akan terhindar dari serangan penyakit diabetes, jantung dan kanker. Riset membuktikan bahwa masyarakat yang bayak mengkonsumsi makanan yang berbasis sayuran lebih jarang sakit dibandingkan dengan masyarakat yang banyak mengkonsumsi nasi dan daging.

  1. Memasak dengan Minyak Zaitun

Jika rutin memasak sebaiknya pakailah minyak zaitun atau biji bunga matahari dari pada minyak kelapa yang sangat berguna untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Masakan yang diolah dengan cara dimasak dengan minyak yang sehat dan ditumis lebih baik dibandingkan dua kali minyak kelapa yang ditumis. Hal ini sudah terbukti dari riset ahli kesehatan dunia. Kandungan minyak zaitun juga sangat baik untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan dalam tubuh.

  1. Melakukan Meditasi

Rutin melaksanakan meditasi dapat mengurangi gejala stres, tekanan darah tinggi dan depresi.  Terbukti jika rutin melaksanakn meditasi setiap hari membuat orang selau periang, bahagia dan awet muda. Cara meditasi yang baik yaitu dengan memfokuskan diri dengan mengatur area pernapasan dan melatih emosi di bagian otak. Sehingga menumbuhkan pikiran yang cemerlang dan emosi yang positif. Cara yang paling efektif untuk melakukan meditasi yaitu pada pagi hari minimal selama 5-10 menit dengan menghadap ke arah matahari dan melakukan pernafasan.

  1. Banyak Minum Air Putih

Untuk menerapkan gaya hidup sehat sebaiknya banyak mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari. Kandungan air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menghancurkan kotoran dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

Dimulai dari proses sederhana untuk menggapai gaya hidup sehat lebih mudah untuk dilaksanakan dan memberikan kesehatan serta terhindar berbagai macam penyakit. Buktikan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here