Tips Sukses Berbisnis Online Menggunakan Toko Online

0
84

Menggali Sumber Emas Dengan Toko Online

Tanpa disadari ternyata saat ini toko online mulai digemari oleh pebisnis. Jika kita lihat dari segi efektifitas pemasaran memang toko online masih sangat menjanjikan income yang lebih besar dari pada toko offline. Sebab, memiliki toko online tidak selamanya harus memiliki barang yang kita jual.

Berbisnis dengan toko online memiliki banyak keuntungan. Dengan toko online berarti anda telah meluangkan waktu anda lebih banyak. Anda tidak harus rapi-rapi dengan pakaian dinas. Anda tinggal menunggu order yang datang kemudian melayaninya dengan sepenuh hati. Berikut ini adalah hal-hal utama yang perlu diperhatikan pebisnis online agar mampu survive menekuni bisnis tersebut.

Kepercayaan

Karena bisnis online bukanlah bisnis yang terlihat oleh kasat mata. Sistem utama yang berlaku ketika transaksi yaitu kepercayaan. Kepercayaan menjadi faktor utama kesuksesan anda dalam mengolah toko online.

Pelanggan tidak akan pernah membeli produk pada orang yang tidak mau dihubungi melalui telepon, YM, Email, SMS atau untuk tatap muka langsung. Sebab, tanpa komunikasi secara langsung, pengunjung atau pelanggan akan merasa ditipu. Tapi, akan berbeda jika keberadaan toko offline juga ada kontak person, masukan dan kritikan dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh pelanggan, serta sikap ramah anda terhadap pelanggan.

Untuk membangun kepercayaan memang memerlukan waktu yang lama. Tentunya anda harus benar-benar sabar dalam memelihara toko online anda biar banyak yang percaya dulu.

Rekomendasi Produk

Tidak semua pengunjung toko anda adalah orang yang tahu dan paham akan produk yang bagus. Untuk itu jika anda serius mau menekuni bisnis dengan toko online sediakan menu “rekomendasi produk” supaya pengunjung tahu produk mana yang paling digemari oleh pembeli.

Apa anda mau membeli barang yang kelihatan di web itu jelek? Kalau di webnya saja jelek bagaimana aslinya?. Untuk itu, pasang foto gambar (yang asli) jangan copas dari google atau yang lainnya. Ini untuk menjaga kepercayaan calon konsumen. Yang perlu anda ketahui pula yaitu toko online membutuhkan space hosting yang lumayan besar. Jadi anda harus beli hosting yang cukup besar untuk menampung gambar-gambar barang anda.

Berikan Deskripsi Produk

Pengunjung biasanya tidak memilih langsung setelah tahu gambar produknya. Nah, supaya pengunjung betah di toko anda, cantumkan deskripsi produk secara lengkap dan jelas, terutama tentang jenis bahan, ukuran serta ongkos pembelian dan pengirimannya. Supaya pengunjung bisa membayangkan alangkah bagusnya produk anda tersebut.

Buat Blog Khusus

Supaya toko anda terlihat lebih hidup, buatlah blog yang mewakili diri anda di dunia maya. Dengan blog anda bisa memberikan informasi-informasi terbaru serta supaya mereka bisa lebih dekat dengan anda. Sediakan juga ruang diskusi supaya para pelanggan bisa sharing dengan leluasa. Dan tidak kalah pentingnya juga, buat diri anda layaknya seorang profesional dalam bidang bisnis tersebut.

Padukan Toko Online Dengan Toko Offline

Pengunjung akan lebih percaya lagi jika anda ternyata membangun toko nyata juga sehingga anda bisa didatangi pelanggan sewaktu-waktu. Selain itu, anda akan mendapatkan prospek yang cukup besar dari marketing online. Ingat, pembeli produk itu biasanya tidak hanya membeli sekali saja. Jika ia sudah percaya dengan produk anda maka bisa jadi setiap kali ia butuh akan membelinya di toko anda. Asalkan servis anda benar-benar memuaskan.

Rahasia Sukses Tanpa Produk

Nah, akhirnya sampai juga pada pembahasan yang lumayan serius. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah tahu akan informasi ini tapi tidak ada salahnya apabila anda lanjutkan membaca supaya informasi yang anda terima lebih banyak lagi.

Mengolah toko online tidak harus memiliki produk yang telah ada di tangan anda. Memang sepertinya menantang arus bisnis toko online. Misalnya, anda menguasai bidang marketing bisnis, coba anda datangi produsen barang tertentu yang anda anggap memiliki prospek cerah.

Buat semacam kerjasama dengan produsen barang tersebut. Bilang pada pemilik produk bahwa anda mampu mendatangkan pembeli sebanyak-banyaknya dan tawarkan pembagian hasil penjualan. Dengan demikian anda akan mendapatkan income tanpa harus memiliki produk sendiri.

Jadi, sewaktu ada pembeli yang memesan melalui toko online, anda tinggal mengontak si produsen tadi untuk mengantarkan barangnya sesuai dengan pemesanan. Gampang bukan? Syaratnya hanya satu yaitu anda harus paham benar tentang marketing bisnis online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here