Tips Tampil Cantik dengan Mengenakan Busana Muslimah

Posted on

Trend busana Muslimah baru-baru ini mengalami kemajuan luar biasa setelah booming-nya berbagai cara baru mengenakan hijab/jilbab/penutup kepala serta bermacamnya model hijab dari berbagai bahan yang laris di pasaran. Dibandingkan periode-periode sebelumnya, perkembangan saat ini terbilang cukup signifikan karena juga dibarengi dengan gebrakan besar-besaran dari produsen dan distributor busana Muslimah, termasuk hijab, yang tak jarang menawarkan konsep baru dan belum banyak dikenal sebelumnya. Selain mengadopsi berbagai jenis dan bahan jilbab dari Negara lain maupun daerah lokal tertentu, berbagai modifikasi dan cara mengenakan hijab juga dikenalkan sehingga permintaan pasar semakin meninggi dari hari ke hari.

Menigkatnya trend dan komoditas busana Muslimah ini turut menggoda mereka yang terbiasa update dengan model fashion terbaru untuk ikut menjajalnya, meskipun banyak di antara mereka yang sebelumnya tidak terbiasa mengenakan hijab. Ini biasanya dilakukan dalam momen-momen tertentu semisal hari raya, undangan pernikahan, acara keluarga dan lain sebagainya. Nah, jika Anda adalah salah satu dari mereka atau Anda sudah lama mengenakan hijab dan ingin tampil semakin trendi, berikut ini adalah beberapa hal dasar yang bisa Anda jadikan prinsip dalam memadu-madankan pakaian serta hijab yang Anda kenakan agar tak hanya mengikuti trend, akan tetapi juga enak dipandang.

  • Padankan kain bermotif dengan kain polos

Jika Anda mengenakan pakaian bermotif, padankanlah dengan hijab polos dan begitu juga sebalknya. Ini utamanya berlaku jika kain bermotif yang Anda kenakan menggunakan motif yang ‘ramai’ sehingga jika dipadankan dengan motif lain, ini akan cukup merusak tampilan dan kombinasi warna yang Anda padukan. Sebaliknya, memadukan pakaian bermotif dengan hijab polos atau hijab bermotif dengan pakaian polos akan semakin menguatkan karakter warna dalam kombinasi pakaian Anda sehingga akan sedap dipandang.

  • Sesuaikan model pakaian dan hijab dengan momen yang tengah Anda hadiri

Prinsip ini sebenarnya berlaku tidak hanya pada busana Muslimah, akan tetapi pakaian secara umum. Sebelum berangkat, pastikan Anda memilih model baju dan cara mengenakan hijab yang sesuai dengan acara yang akan Anda hadiri. Jika Anda akan berangkat kerja, misalnya, pilihlah baju yang nyaman dan formal serta model hijab yang simple. Sementara itu jika Anda berniat menghadiri pesta, Anda bisa memilih model hijab yang sedikit lebih rumit dan indah karena akan dipadukan dengan busana pesta yang juga mewah dan umumnya jauh dari kesan simple.

  • Untuk kesesuaian warna, carilah paduan yang tidak mati

Mengombinasikan warna juga membutuhkan keterampilan tertentu sebab jika tak pintar-pintar menyiasati, paduan warna bisa mati dan tampak pucat sehingga pemakaianyapun akan terkena efeknya. Umumnya, prinsip yang berlaku adalah memadukan warna yang kalem (semisal hijau muda) dengan yang tegas (semisal kuning cerah) sehingga masing-masing dapat saling menguatkan karakter satu sama lain. Jika Anda mengombinasikan warna kalem dengan warna lain yang juga kalem, ‘ruh’ dala warna Anda akan mati sehingga masing-masing warna justru saling menenggelamkan.

  • Paduan warna yang tidak mainstream juga cocok menjadi pilihan

Trend perpaduan warna yang umum dikenal adalah memadukan warna dominan dengan warna lain yang serupa atau nyaris serupa. Jika Anda menggunakan kemeja bermotif dengan warna dominan ungu, misalnya, maka Anda cenderung akan memilih hijab ungu polos sebagai perpaduannya. Jika Anda sudah biasa melakukan ini, cobalah paduan yang sedikit antimainstream, yakni menggunakan warna yang tidak dominan sebagai paduan mencari kombinasi.  Hijab bermotif bunga dengan warna dasar pink kalem dan warna lain biru, kuning, serta orange, misalnya, Anda dapat memadukannya dengan kemeja berwarna kuning cerah. Dengan cara ini, busana Muslimah yang Anda kenakan akan menarik perhatian dan tidak akan meninggalkan kesan mendalam.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.