Tips Tampil Cantik Menggunakan Jilbab Syar’i

Posted on

Ada beberapa hal salah yang beredar di masyarakat mengenai makna jibab dan hijab. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jilbab adalah kerudung lebar yg dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada. Jadi, jika mengenakan jilbab kepala, leher, dan dada harus tertutupi dan tak boleh tampak. Sedangkan hijab menurut KBBI adalah dinding yg membatasi sesuatu dengan yg lain. Jadi, apa yang digunakan wanita muslim untuk menutupi auratnya berupa rambut, kepala, leher, hingga dada adalah jilbab atau kerudung, bukan hijab.

Mengenakan jilbab tak harus menunggu baik sifat, karena sifat manusia memang tak pernah ada yang sempurna dan menjadi baik segalanya. Selain itu, jilbab atau kerudung juga dapat membuat seorang perepuan menjadi lebih cantik dan sehat, karena kerudung akan melindungi kulit kepala terutama rambut dari debu dan polusi yang dapat merusak rambut. Kadang orang-orang menggunakan payung untuk melindungi kepala dan rambut dari matahari dan polusi, namun tak banyak juga orang yang risih dan malu untuk membuka payung di siang hari, maka jilbab atau kerudung adalah solusinya. Anda tak perlu malu mengenakan kerudung karena takut dibilang out of date. Kini kerudung banyak digunakan dikalangan wanita untuk mempercantik diri dan sebagai kewajiban setiap wanita muslim untuk memakai jilbab. Beberapa trend kerudung syar’I yang dapat anda coba adalah:

  1. Jilbab segi empat

Jilbab segi empat sering digunakan dalam acara-acara resmi. Jilbab segi empat kini tampil tak hanya dengan satu warna. Jilbab segi empat kini mulai banyak modelnya, mulai dari jilbab dua sisi yang berbeda warna sehingga dapat dipakai bolak balik hingga jilbab motif yang beragam. Jilbab segi empat dapat dipakai lebih fleksibel karena anda dapat tetap tampil trendy dan tetap sesuai dengan syari’at, menutup kepala, leher, dan dada. Bahan jilbab segi empat juga beragam, mulai dari paris, siffon, hingga kain tebal yang tetap dingin jika digunakan. Jika anda ingin mencoba variasi jilbab segi empat, ada baiknya jika anda menggunakan dua bahan kain, paris atau siffon dan kain tebal. Jilbab berbahan kain tebal dapat anda gunakan sebagai dasar, sedang jilbab berbahan paris atau siffon yang lebih tipis dapat anda gunakan sebagai variasi karena mudah untuk dibentuk-bentuk dan tidak mudah kusut.

  1. Pashmina

Pashmina merupakan trend jilbab yang mulai banyak digemari karena motifnya lebih beragam dan cara memakai yang simple. Phasmina lebih cocok untuk digunakan pada acara semi formal karena corak dan motif pashmina yang biasanya ramai. Phasmina cara memakainya lebih simple daripada cara memakai jilbab segi empat. Phasmina hanya perlu dipakai dengan cara memanjangkan salah satu sisinya, anda bebas menentukan kanan atau kiri yang lebih panjang. Kemudian bagian Phasmina yang panjang dibelitkan kedepan dan disematkan pada sisi kepala yang berlawanan, jadilah Phasmina cantik tersemat melindungi mahkota terindah anda. kelemahan Phasmina adalah anda tidak dapat mengatur lebar dan panjang Phasmina yang anda inginkan untuk menutup sampai batas yang anda inginkan. Jika anda ingin bagian belakang Phasmina lebih panjang, anda dapat membeli Phasmina dengan ukuran yang lebar dan sesuai kebutuhan anda.

  1. Bergo

jilbab bergo atau jilbab kaos adalah jilbab yang palin praktis untuk digunakan karena anda tidak perlu repot membentuk model dan menyematkan banyak peniti pada jilbab anda. jilbab bergo biasanya digunakan untuk olah raga dan acara santai karena bahannya yang menyerap keringat. Namun kini jilbab bergo juga mengalami perkembangan mode yang sangat pesat. Tak hanya menggunakan bahan kaos jilbab bergo kini juga menggunakan bahan kain yang lebih ringan dengan varian model bermacam-macam. Anda dapat memilih jilbab brgo sesuai dengan bentuk muka dan keinginan anda.

 

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.