Tips Traveling Religi Agar Lebih Berkesan - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Wisata / Tips Traveling Religi Agar Lebih Berkesan

Tips Traveling Religi Agar Lebih Berkesan

Dengan melakukan traveling religi tidak hanya menyegarkan fisik dan hati kita, akan tetapi juga dalam rangka meningkatkan kadar spiritualitas dan keyakinan kita pada Tuhan.

Datangnya bulan ramadhan merupakan kegembiraan tersendiri bagi umat muslim. Kegembiraan menyambut ramadhan dalam berbagai riwayat disebutkan akan memberi keberkahan hidup pada uamt Islam yang menyambutnya. Sambutan kebahagiaan hadirnya bulan suci diisi dengan berbagai hal perilaku keagamaan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan karena dipertemukan kembali dengan bulan suci penuh ampunan, yakni Ramadhan.

Bagi anda yang suka dengan traveling sebaiknya anda membaca tips-tips traveling religi berikut agar menjadi lebih berkesan.

Tentukan Objek Wisata Religi

Beberapa lokasi traveling yang dapat Anda pilih dalam rangka traveling religi adalah seperti mengunjungi beberapa masjid sebagai rencana rutin aktifitas I’tikaf. Dengan berkunjung ke beberapa masjid, Anda tidak hanya akan mengetahui dan memahami bagaimana keberagaman cara mengelola masjid, membina kerohanian mental umat sekitarnya, akan tetapi anda juga dapat belajar banyak hal dengan membandingkan kebaikan-kebaikan satu masjid dengan masjid lainnya.

Anda juga bisa merencanakan berkunjung ke makam atau peziarahan dari guru-guru anda yang telah wafat, atau juga para wali 9 penyebar Islam di tanah jawa. Ini adalah salah satu bentuk rasa syukur yang dapat Anda lakukan dengan kehadiran bulan suci dan kebahagiaan anda menjumpai bulan penuh rahmat ini adalah dengan napak tilas atau bersilatuurohim dengan sejarah awal penyebaran Islam.

Bersilaturrohim dengan mereka yang sudah mewariskan risalah nabi Muhammad, yakni agama Islam kepada kita adalah bagian dari rasa syukur, ucapan trimakasih sekaligus memberikan do’a agar para pejuang syiar islam tersebut mendapatkan tempat yang layak di sisi Alah SWT.

Siapkan Uang Saku dan Perbekalan Saat berwisata Religi

Persiapan selanjutnya yang perlu dihitung adalah penyesuaian antara tempat-tempat religi yang akan dikunjungi dengan kesediaan anggaran yang kita miliki. Kesesuaian anggaran ini memungkinkan segala perjalanan kita menjadi mudah dan tenang. Dengan demikian berbagai proses kegiatan religi seperti tadarus, sholat maupun mengaji lainnya tidak akan terganggu oleh perhitungan keuangan lagi.

Jangan Lupa Perlengkapan Ibadah dan Bersuci

Persiapkan juga dengan baik perlengkapan ibadah yang mungkin dilakukan di temat-tempat religi tersebut. Pastikan Anda membawa pakaian pengganti yang suci, membawa Al Qur’an, buku do’a-do’a, buku tahlil dan yasin jika dibutuhkan. Jangan lupa perlengkapan bersuci atau mandi seperti sabun, odol, sikat gigi, dan lain sebagainya.

 

Traveling Bersama Keluarga akan Lebih Asik.

Traveling religi jika diniatkan dengan baik untuk ibadah dan mengais berkah Ramadhan tentu akan membawa manfaat dan kebaikan pula pada kehidupan Anda. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengajak keluarga, anak atau istri, teman atau family.

Saat kebaikan ini menyersakan pula orang-orang sekitar Anda maka akan memberikan manfaat dan pengaruh positif terhadap lingkungan sekitar Anda. Lingkungan yang baik akan bermanfaat besar juga pada ketenangan, kebahagiaan dan juga membantu membentuk karakter pada anak-anak kita.

Sempatkan Silaturrohim ke Rumah Sanak family Terdekat

Jika lokasi traveling religi yang anda kunjungi melewati rumah tinggal beberapa orang yang anda kenal, maka sungguh alangkah lebih baik anda sempatkan waktu untuk mengunjunginya. Hal ini tidak hanya akan menambah berkah dari traveling religi Anda, akan tetapi juga memberikan kebaikan kepada orang-orang yang Anda kunjungi. Demikian gambaran singkat Tips Traveling Religi.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Indahnya Objek Wisata Gua Pindul: Surga Air dari Bawah Tanah

Yogyakarta memang dikenal memiliki berbagai tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak heran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *