Waspada Penyakit Ini Biasa Menyerang Anda Saat Berpuasa

0
43

Puasa adalah syariat Islam yang memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari manfaat untuk jiwa rohani maupun kesehatan jasmani. Akan tetapi, terkadang kegiatan puasa seringkali terganggu karena adanya gangguan dari kondisi yang tidak diinginkan yaitu penyakit. Penyakit yang menyerang tubuh kita saat berpuasa tentu merupakan halangan yang berat. Butuh sikap yang cerdas agar terhindar dari berbagai penyakit saat menjalankan puasa.

Untuk itu, agar puasa bisa maksimal kita perlu memperhatikan pola puasa yang sehat. Pola puasa sehat secara sederhana dapat dipahami dengan cara mengatur menu makanan di saat sahur dan berbuka.. Sebab, pada kedua waktu itulah tubuh kita menerima asupan makanan untuk kebutuhan energi tubuh. Secara umum pola puasa sehat akan maksimal ketika kalori pada tubuh tercukupi. Meskipun terdapat perubahan jadwal makan hal itu tidaklah begitu berarti apabila jumlah kalori tetap sama.

Dan berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang seringkali mengganggu saat manusia menjalankan ibadah puasa.

  • Penyakit Sembelit

Sakit sembelit seringkali dikenal dengan istilah Konstipasi. Gangguan ini berupa kesulitan dalam buang air besar. Sakit ini seringkali dialami oleh banyak orang yang sedang menjalankan puasa. Penyakit sembeli dapat mengakibatkan ambeien atau haemorroids yaitu rasa nyeri yang terjadi di saluran anal. Biasanya, orang yang sedang sembelit akan merasakan kembung yang sakit.

Sebenarnya kondisi seperti ini tidak begitu berbahaya. Khususnya pada saat berpuasa. Sebab, pada saat berpuasa, tubuh mendapatkan banyak asupan makanan kemudian menyaringnya. Saat puasa tubuh kita juga mengalami kekurangan cairan dan serat. Kondisi inilah yang mengakibatkan sembelit.

Solusi agar terhindar dari sembelit bisa diatasi dengan cara memperbanyak makan makanan yang memiliki serat tinggi. Seperti buah-buahan dan biji-bijian. Di samping itu anda juga harus banyak minum air putih, makan roti, atau gandum agar kebutuhan karbohidrat tercukupi.

  • Kejang Otot

Penyakit yang sangat mengganggu puasa lainnya yaitu kejang otot. Kejang otot ini dikarenakan kekurangan kalsium, kalium, serta magnesium. Untuk itu, agar puasa anda tidak terganggu dengan penyakit ini anda harus mulai memperbanyak asupan mineral seperti buah, sayur, daging, dan susu.

  • Darah Rendah

Mungkin penyakit ini pernah dialami sebagian orang yang sedang berpuasa. Gangguan ini tidak bersifat umum sehingga hanya dapat ditemukan pada kasus beberapa orang saja. Gejala tekanan darah rendah ditandai dengan keluarnya keringat yang berlebihan, badan terasa lesu, lelah, lemas, kepala pusing, dan terasa kekurangan energi. Selain itu, wajah juga terlihat pucat.

Kondisi demikian seringkali terjadi khususnya pada siang hari. Hal ini lebih disebabkan kurangnya konsumsi cairan dan garam. Solusi yang tepat untuk menghindari gangguan tersebut adalah menambah tingkat konsumsi cairan dan garam lebih banyak dari biasanya.

  • Susah Konsentrasi

Kondisi susah konsentrasi juga merupakan gangguan yang seringkali dialami oleh orang yang berpuasa. Keadaan seperti ini biasanya disertai dengan kondisi lesu, pusing, cepat lelah, serta tidak bisa maksimal bekerja secara fisik. Gejala tersebut menunjukkan kondisi gula darah yang rendah. Jika anda mengalami gejala tersebut maka anda harus berhati-hati.

Agar hal itu tidak muncul saat berpuasa anda bisa memperbanyak konsumsi karbohidrat pada saat sahur. Pada saat sahur sebaiknya anda mengurangi makanan yang manis. Dan jika hal itu tidak berdampak positif maka sebaiknya anda menghubungi dokter untuk konsultasi agar puasa anda tidak terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here